2.110 Personel Gabungan Siaga Amankan Riau Bhayangkara Run 2024

Ilustrasi-polisi2.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Polda Riau bersama Polresta Pekanbaru sebagai penanggung jawab pengamanan Riau Bhayangkara Run 2024 mengerahkan 2.110 personel gabungan dari Polri, TNI, Satpol PP, dan instansi terkait lainnya.

Wakapolda Riau Brigjen Pol K Rahmadi mengatakan Run Bhyangkara Run digelar hari ini, Minggu, 14 Juli 2024, di Pekanbaru, dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-28 Bhayangkara.

"Kegiatan ini bukan hanya sekadar untuk membina atlet dan sekadar merayakan HUT Bhayangkara, tapi terkandung maksud untuk mendongkrak perekonomian," kata Brigjen Pol K Rahmadi, Sabtu, 13 Juli 2024.

Menurutnya, kegiatan ini akan meningkatkan perekonomian di Riau, UMKM, okupansi hotel, dan sebagainya. Hal ini sejalan dengan kebijakan Presiden Jokowi agar setiap iven mampu meningkatkan UMKM dan menjual kearifan budaya daerah.



Sebanyak 10 ribu pelari akan berpartisipasi dalam Riau Bhayangkara Run 2024. Sehingga, kata dia, personel pengamanan berkewajiban untuk mengamankan para peserta marathon.

"Baru tahun ini Provinsi Riau dapat melakukan kegiatan marathon pesertanya paling banyak. Oleh karenanya, ini merupakan tanggungjawab kita bersama untuk mengamankan para peserta," jelas Brigjen Pol K Rahmadi.

Sementara itu, pengalihan arus lalu lintas di Pekanbaru diberlakukan selama iven ini digelar. Kasat Lantas Polresta Pekanbaru, Kompol Alvin Agung Wibawa, mengatakan Riau Bhayangkara Run dipusatkan di Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Gajah Mada, hingga Rumbai.

"Jadi untuk pengamanan arus lalu lintas kita menyiapkan 2.500 personel gabungan yang tersebar di beberapa titik. Pengalihan arus akan dimulai Sabtu subuh hingga selesai acara," terang Alvin.