FKUB dan Pemprov Komitmen Jaga Kerukunan Beragama di Riau

FKUB-dan-Pemprov-Komitmen-Jaga-Kerukunan-Beragama-di-Riau.jpg
(Dok. Pemprov Riau)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Riau melakukan kunjungan audiensi ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau di Kantor Gubernur Riau, Rabu, 10 Juli 2024.

Kunjungan tersebut, disambut langsung oleh Asisten I Sekretaris Daerah Provinsi (Setdaprov) Riau, Zulkifli Syukur. Menurutnya, kunjungan ini dalam rangka sinergi dan komitmen bersama Pemprov dan FKUB untuk menjaga kerukunan beragama di Riau. 

"Kita percaya ke depan akan semakin baik dan solid. Karena kepengurusan ini saya melihat sudah semua perwakilannya, ada akademisi hingga tokoh-tokoh dari berbagai agama. Semoga kehadiran pengurus baru ini dapat  membantu program-program pemerintah karena forum ini dibuat oleh masyarakat di fasilitasi oleh pemerintah dan di bawah Kementerian Agama. Jadi bisa sangat bermanfaat bagi masyarakat," jelasnya.

Sementara itu, Ketua FKUB Provinsi Riau KH. Abdurrahman Qoharuddin, mengatakan silaturahmi ini juga sekaligus pengenalan kepengurusan baru dan membahas program-program FKUB agar bersinergi dengan visi-misi Pemprov Riau di masa mendatang.



"Kerukunan umat beragama adalah pondasi penting bagi stabilitas sosial dan politik daerah. Kami akan terus menunjukkan peran aktif dalam menjaga komunikasi dan toleransi kepada masyarakat," jelasnya.

Dijelaskan, satu di antara fokus utama organisasinya adalah program dialog lintas agama yang bertujuan untuk meningkatkan saling pengertian dan mengurangi potensi konflik di masyarakat. Karena pihaknya berpaham dengan Tri Kerukunan Umat beragama Indonesia.

"Sebagai organisasi yang menjadi perpanjangan tangan Pemprov Riau untuk merawat dan menguatkan kerukunan di wilayah di Riau. Kita berpaham dengan tri kerukunan yang meliputi tiga kerukunan, yaitu kerukunan intern umat beragama, kerukunan antar umat beragama, kerukunan antar umat beragama dan pemerintah," jelasnya.

Diterangkan, dengan adanya audiensi ini, sinergitas antara FKUB Riau dan Pemprov Riau semakin solid dalam menjaga kerukunan antar umat beragama di Riau. Terlebih ditengah masa menghadapi Pilkada 2024 yang akan datang.

"Kita mengawal menguatkan kerukunan umat beragama, masing-masing agama ada perwakilannya disini. Mudah-mudahan kepengurusan kami yang baru ini dapat berjalan lancar untuk mengemban amanah dalam menjalankan program-program kedepannya untuk kerukunan masyarakat Riau," pungkasnya.