Perdana Anak Masuk SD, Ini yang Harus Dilakukan Orangtua

Siswa-SD2.jpg
(muarapendidikan.net)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Tahun ajaran baru telah tiba. Sesuai kebijakan pemerintah setiap kabupaten/kota, ada yang sudah melangsungkan aktivitas belajar mengajar pada hari Senin 8 Juli 2024. Ada juga yang memulainya pada Senin 15 Juli 2024 mendatang.

Berbagai persiapan mulai dilakukan orangtua, salah satunya kesiapan terutama bagi anak yang masuk Sekolah Dasar (SD). Perlu mempersiapkan anak menghadapi hari pertamanya masuk sekolah. Selain persiapan fisik, si kecil juga perlu menguatkan mentalnya.

Berikut RIAU ONLINE memberi tips apa saja persiapan anak pertama masuk sekolah yang perlu diperhatikan orang tua? Simak ulasannya berikut ini seperti dilansir berbagai sumber:

1. Mempersiapkan Alat Sekolah Bersama

Anak biasanya akan jadi lebih semangat sekolah jika dilibatkan untuk mempersiapkan semua bersama. Termasuk membeli perlengkapan sekolah yang dibutuhkannya.

Agar tak boros, catat dulu daftar perlengkapan yang diperlukan, biarkan anak memilih sesuai kesukaan dan anggaran yang ada.

Agar tidak ada barang yang tertinggal, ajak anak mempersiapkan segala kebutuhannya sejak malam sebelum sekolah. Kebiasaan ini penting supaya anak lebih mandiri dan disiplin untuk di hari-hari sekolah berikutnya.

Beberapa hal yang perlu disiapkan termasuk seragam, buku serta alat-alat tulis yang hendak dibawa. Dengan demikian, mood ibu dan anak di pagi hari bisa lebih santai. Kebiasaan ini juga penting untuk mencegah ada barang yang tertinggal di rumah.

2. Ajarkan Sosialisasi Sejak Dini



Latih anak untuk berani berbicara dengan orang lain, baik orang yang lebih tua atau teman sebaya. Ini penting agar anak dapat memahami instruksi sederhana dan meminta bantuan dari orang lain saat di sekolah tanpa orangtua.

Salah satu caranya yakni dengan mengajak anak bermain dengan teman sebaya, sehingga ia terlatih untuk jadi lebih percaya diri.

Anak merupakan peniru ulung, jadi agar ia mau belajar bersosialisasi dan berkenalan dengan teman lain. Orang tua juga dapat memberi contoh dengan memperkenalkan diri dengan orangtua lainnya.

Jika perlu, ajarkan anak bagaimana cara mengajak berkenalan dan memperkenalkan diri dengan sopan. Ini penting sebagai 'bekal' anak mencari teman di sekolah saat hari pertama. 

3. Kunjungi Sekolah dan Kelas Sehari Sebelumnya

Jika memungkinkan, mengajak anak mengunjungi ruang kelas sehari sebelum masuk sekolah bisa membantu mereka meredakan rasa khawatir. Orangtua bisa mengajak mereka berkeliling sambil bercerita tentang betapa menyenangkannya bisa bersekolah.

Carilah area seperti ruang kelas, kamar mandi, dan kantin. Ini akan membantu si kecil untuk terbiasa dengan lingkungan sekolah barunya. Orangtua juga dapat mendiskusikan berbagai hal termasuk kelas, halaman, hingga kantin dengan anak sebelum dan selama tahun ajaran.

Lalu, bagaimana jika pihak sekolah tidak membuka kelas untuk dikunjungi sebelum hari masuk sekolah? Ayah Bunda bisa mengajaknya melihat-lihat gedungnya saja dari luar atau berkeliling di playground yang disediakan.

4. Mulai Atur Jam Tidur Anak agar Dia Siap Bangun Pagi

Sebelum anak masuk sekolah, Ayah Bunda mungkin tidak begitu memperhatikan jam tidur dan bangun mereka. Namun, agar anak bisa bangun pagi dengan baik dan tidak rewel saat bersiap ke sekolah, penting untuk memastikan jam tidurnya cukup.

Ketika anak cukup tidur, akan lebih mudah baginya untuk bangun pagi dengan suasana hati yang lebih baik. Kalau suasana hati anak baik, maka dia akan ke sekolah dengan hati gembira. Artinya, akan lebih mudah baginya menghadapi hari-hari di sekolah.

Menciptakan rutinitas adalah salah satu cara membentuk mindset anak tentang sekolah. Jika sebelum sekolah Ayah Bunda tidak mengajaknya untuk duduk dan sarapan pagi bersama, ini adalah saat yang tepat untuk melakukannya. Ayah bisa menunjukkan tentang apa saja yang harus dipersiapkan sebelum keluar rumah untuk bekerja. Misalnya saja merapikan buku-buku dan menyiapkan seragam saat bangun tidur.

5. Jadikan Hari Pertama Sekolah Istimewa

Luangkan waktu bersama anak sebelum sekolah dimulai dengan membicarakan tentang sekolah, menyenangkannya belajar hal baru, dan tentang teman-teman baru yang bisa didapatkannya di sekolah. Tingkatkan kepercayaan diri anak dengan menceritakan pengalaman positif dan semua hal yang akan disukai anak tentang sekolah.

Buatlah hari pertama sekolah anak menjadi istimewa. Parents dapat memulainya dengan menyiapkan sarapan yang disukai anak. Bersikaplah positif, jangan terlalu cemas.

Pujilah si kecil tentang betapa hebatnya dia dan betapa menyenangkannya sekolah bersama teman-temannya. Orangtua juga boleh menjanjikan anak hadiah apabila ia dapat menjalani sekolah dengan baik di hari pertamanya.

Nah, itulah tadi sederet tips mendampingi anak di hari pertama masuk sekolah. Semoga para orangtua bisa memberikan yang terbaik bagi anak mereka saat mengenyam bangku pendidikan awal.