Pasca Terbakar, SDN 83 Pekanbaru Bakal Difungsikan Kembali

SDN-83-Pekanbaru-istimewa.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Bangunan SD Negeri 83 Pekanbaru segera difungsikan kembali. Sekolah di Jalan Pontianak tersebut bakal kembali beroperasi setelah hampir sepuluh bulan tidak berfungsi akibat kebakaran pada 17 Oktober 2023 silam.

Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru, menargetkan SD Negeri 83 Pekanbaru bisa difungsikan seiring tahun ajaran baru 2024. Apalagi saat ini proses perbaikan sudah tahap finishing.

"Sudah tahap finishing, kita upayakan tahun ajaran baru ini sudah bisa mulai belajar di sana," ujar Kepala Disdik Kota Pekanbaru, Abdul Jamal, Senin 8 Juli 2024.

Pihaknya menggesa pembangunan SD Negeri 83 pasca terbakar tahun lalu agar selesai tepat waktu. Proses pengerjaan bangunan sekolah pasca kebakaran itu sudah berlangsung pada Februari 2024.

Jamal menyampaikan, proses perbaikan berlangsung dalam dua tahap. Ada empat ruang kelas itu harus dibongkar karena sudah rapuh dan tidak bisa digunakan lagi.



Pada peristiwa kebakaran tahun lalu, ada dua gedung di sekolah tersebut yang terbakar. Satu gedung hanya dilakukan perbaikan karena terbakar bagian atap, plafon, listrik, dan cat ruangan.

Satu gedung lainnya terpaksa dibangun ulang karena mengalami kerusakan yang cukup parah akibat dilahap api.

"Setelah dihitung dengan konsultan, maka untuk satu gedung ini harus dirobohkan. Harus di bangun ulang. Itu butuh anggaran yang cukup besar," bebernya.

Pihaknya telah melakukan lelang untuk pembangunan gedung SDN 83. Nilai lelang sekitar Rp 1,8 miliar untuk perbaikan maupun pembangunan kembali SD Negeri 83.

Selama perbaikan SDN 83, para murid pun terpaksa menumpang belajar di tiga sekolah terdekat agar tetap bisa mengikuti proses belajar mengajar.