Ranperda RPJPD Riau Tahun 2025-2045 Ditargetkan Rampung Agustus 2024

Ilustrasi5-Ranperda.jpg
(Pekanbaru.go.id)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau telah menyusun Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) 2025-2045. RPJPD tersebut sudah dimasukkan ke DPRD Provinsi Riau dalam bentuk Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) untuk dilakukan pembahasan lebih lanjut. 

Sekretaris Bappeda Provinsi Riau, Purnama Irwansyah mengatakan, pembentukan RPJPD ditargetkan selesai pada Agustus 2024 mendatang. Namun, proses penyusunan Ranperda ini masih cukup panjang. 

"Ranperda RPJPD sekarang prosesnya sudah di DPRD Riau. Tinggal menunggu pembentukan Pansus untuk pembahasan lebih lanjut, kemudian nanti juga ada pembahasan dengan Bappenas dan evaluasi Kemendagri. Tapi kita targetkan selesai di Agustus 2024," ujarnya.

Ia menjelaskan, meskipun sudah sampai ke DPRD Riau, pihaknya masih terbuka menerima masukan dari kalangan masyarakat, apabila ada poin-poin yang perlu dipertimbangkan.



"Kita masih menerima masukan dari kalangan masyarakat. Nanti bisa kita sampaikan saat pembahasan di DPRD Riau," jelasnya.

Purnomo menjelaskan secara umum, RPJPD yang sudah dirancang mencakup perhatian pada beberapa sektor, seperti pembangunan infrastruktur jalan, pembangunan ekonomi masyarakat dan UMKM, termasuk pendidikan dan kesehatan.(ADV PEMPROV RIAU)