Jalur Zonasi Dominasi PPDB SMP Negeri di Pekanbaru, Capai 8.734 Pendaftar

PPDB-Online-di-smp-42.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru mendata ribuan pendaftar dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2024. Pendaftar yang memilih masuk lewat jalur zonasi mendominasi PPDB SMP Negeri tahun ini.

Kepala Disdik Kota Pekanbaru, Abdul Jamal menyampaikan, jumlah pendaftar dari jalur zonasi untuk sementara mencapai 8.734 orang. Sedangkan kuota yang tersedia untuk jalur zonasi hanya 6.688 orang.

Jalur lainnya juga cukup banyak peminat yakni jalur afirmasi, jalur pindah orangtua dan jalur prestasi. Total ada 55 sekolah terhubung dalam sistem PPDB tingkat SMP Negeri tahun ini di Kota Pekanbaru.

"Empat di antaranya ada SMP swasta, mereka masuk dalam sistem PPDB tahun ini," kata Jamal, Minggu 30 Juni 2024.



Jadwal pendaftaran PPDB di Kota Pekanbaru bakal berakhir, Sabtu 29 Juni 2024. Sistem pendaftaran dalam laman PPDB tingkat SMP negeri di Kota Pekanbaru tutup secara otomatis pukul 14.00 WIB.

"Kemarin adalah hari terakhir pendaftaran, kita buka pendaftaran hingga jam dua siang," jelasnya.

Menurutnya, para calon peserta didik sudah mendapat kesempatan untuk mendaftar secara online sejak 26 Juni 2024. Tahapan selanjutnya yakni pengolahan data PPDB Tingkat SMP negeri.

Calon peserta didik yang tidak diterima di SMP negeri segera diarahkan ke SMP swasta yang telah bekerja sama dengan Disdik Pekanbaru.

"Kalau bersedia, sekolah swasta itu kami ajak bekerja sama supaya peserta didik yang tidak masuk kuota SMP Negeri bisa belajar di sekolah swasta," tutupnya.