Pembangunan Pasar Cik Puan Pekanbaru Dapat Rekomendasi Mendag

Bangunan-Pasar-Cik-Puan.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Pemerintah Kota Pekanbaru bakal melanjutkan pembangunan Pasar Cik Puan setelah mendapatkan rekomendasi dari Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (DPP) Kota Pekanbaru, Zulhelmi Arifin menyebut, pemerintah kota sudah mendapatkan lampu hijau dari Mendag untuk kelanjutan pembangunan pasar di Jalan Tuanku Tambusai itu.

"Alhamdulillah Pak menteri sudah rekomendasikan pembangunan Pasar Cik Puan. Nanti yang membangun adalah Kementerian PUPR," kata Zulhelmi, Jumat 28 Juni 2024.

Dirinya berharap pembangunan lanjutan Pasar Cik Puan bisa segera dilakukan tahun depan. Untuk kelanjutan pembangunan, Pemko Pekanbaru membutuhkan anggaran sekitar Rp 80 miliar.

Kebutuhan anggaran tersebut sudah diajukan pada 2023 lalu dalam bentuk proposal ke Kementerian Perdagangan. Nantinya anggaran tersebut berada di bawah kewenangan Kementerian PUPR.



"Karena anggarannya besar, maka harus rekomendasi dari Kemendag. Kalau tidak ada rekomendasi, Kementerian PUPR tidak bersedia membangun," kata Zulhelmi.

Bangunan Pasar Cik Puan Pekanbaru akan dilakukan uji struktur sebelum pembangunan dilanjutkan. Hasil uji struktur bangunan fisik menjadi satu syarat pasar tradisional tersebut bisa dibangun kembali.

"Nantinya ada uji struktur, guna memastikan konstruksi bangunan yang lama masih layak atau tidak," jelas Zulhelmi.

Ia menjelaskan, selain itu ada sejumlah persyaratan sebelum pembangunan pasar ini berlanjut, seperti audit oleh BPKP terhadap anggaran yang sudah terserap dalam pembangunan pasar itu.

Pasar Cik Puan kembali dibangun setelah mangkrak sejak tahun 2012. Pasar itu nantinya diperkirakan dapat menampung seribu pedagang.