Pembukaan Festival Sungai Siak Tuai Komentar Kekecewaan di Media Sosial

Festival-Sungai-Siak.jpg
(HENDRA DEDAFTA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, SIAK - Malam pembukaan Festival Sungai Siak yang digelar pada Kamis, 20 Juni 2024 malam menuai komentar kecewa dari pengunjung. Komentar bernada kecewa itu disampaikan oleh warganet di status dan kolom komentar facebook warga Siak yang menghadiri malam pembukaan Festival Sungai Siak. 

Warganet beramai-ramai menyinggung soal panggung hiburan yang dibuat diatas air dan di tempat yang sempit. Kondisi ini menyebabkan warga kesulitan untuk menyaksikan malam pembukaan festival Sungai Siak. 

Salah seorang warganet di akun media sosial facebook Pesona Siak menyebut gelaran akbar ini lebih seperti acara pribadi pejabat.

“Berasa acara pribadi pejabat doang, warga mau nonton susah ketutup tenda VIP pejabat,” ujarnya.

"Acaranya sih luar biasa, tapi enggak bisa lihat, harus nyelip-nyelip baru nampak, itu pun nggak nampak jelas, padahal udah jauh-jauh datang ke Siak,” ungkap warganet lainnya.

"Acara malam Jumat??? Memang tak ada malam lain, macam malam Sabtu, malam Minggu. Pentas sebesar2nya ada dan lapangan lebar tapi di buat pentas di tepian sungai, pejabat enak duduk di kursi di bawah tenda. Bagus konsernya dalam kantor bupati, kantor DPRD atau dalam gedung daerah, biar pejabat saja yang menikmati. Sudah tau pengunjung ramai, kegiatan itu bagus tapi tidak pada tempatnya dan tidak melihat kondisi. Tolong koreksi kalau ada pejabat terkait disini, " tutur warganet. 


Di akun media sosial lain warganet menyarankan untuk membuat pentas di tempat lebar terbuka, sehingga tidak membuat warga kesulitan untuk menyaksikan acara-acara besar. 

Pemerintah Kabupaten Siak, melalui Dinas Pariwisata Kabupaten Siak menggelar Festival Sungai Siak.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Siak, Tekat Perbatas Setia Dewa menjelaskan bahwa event ini merupakan ajang untuk mengangkat potensi Sungai Siak sebagai salah satu daya tarik wisata alam di Provinsi Riau.

"Festival Sungai Siak ini bertujuan untuk meningkatkan pariwisata serta meningkatkan kunjungan wisatawan yang datang ke Siak," ujarnya.

Ia juga menyebutkan bahwa rangkaian acara Festival Sungai Siak ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan kesadaran untuk melestarikan sungai kepada seluruh masyarakat.

Festival Sungai Siak dimeriahkan dengan bazar ekonomi kreatif di Tepian Sungai Jantan, pameran sungai, berbagai macam perlombaan termasuk lomba memancing yang diikuti lebih dari 1000 peserta dari kabupaten dan kota di Provinsi Riau berhadiah utama mobil dan pertunjukkan seni dan seminar sungai.

Pembukaan Festival Sungai Siak dimeriahkan dengan penampilan artis Rara Lida yang diramaikan oleh antusias masyarakat yang hadir.