Flyover Garuda Sakti-Soebrantas Pekanbaru Segera Dibangun

ILUSTRASI-FLY-OVER.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau akan segera melakukan pembangunan flyover di persimpangan Jalan Garuda Sakti-Soebrantas, Kota Pekanbaru, pasca Surat Keputusan (SK) penetapan lokasi (Penlok) rancangan flyover tersebut dikeluarkan oleh Pemko Pekanbaru.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Permukiman Kawasan Perumahan dan Pertanahan (PUPR PKPP) Riau, M Arief Setiawan, mengatakan tahap pembangunan flyover selanjutnya adalah tahapan pengadaan tanah.

"SK Penlok untuk pembangunan flyover di persimpangan Jalan Garuda Sakti sudah keluar, itu yang mengeluarkan pihak Pemko Pekanbaru. Saat ini kami tinggal menjalankan tahapan Pelaksanaan Pengadaan Tanah (P2T)," ujarnya.

Menurutnya, ada sekitar 93 tanah yang akan terdampak pembangunan flyover tersebut. Untuk pelaksanaan pengadaan tanah tersebut, pihaknya juga menggandeng Badan Pertanahan Nasional (BPN).


"Jadi total ada 93 persil tanah di lokasi yang akan dibangun flyover tersebut, nantinya pihak BPN yang akan memberikan rekomendasi appraisal tanahnya," jelasnya.

Lanjutnya, dalam pembangunan flyover tersebut, pihaknya hanya bertugas dalam hal pengadaan tanah. Sementara untuk Detail Engineering Desain (DED) dan pembangunan fisik flyover-nya akan dikerjakan oleh Kementerian PU melalui dana APBN.

"Kalau untuk progres pembangunan flyover itu sudah sampai tahapan itu, karena kami hanya bertugas dalam pembebasan lahan dan juga analisis dampak lingkungan lalu lintas. Sedangkan untuk desain dan fisik bangunnya dikerjakan oleh Kementerian PU melalui BPJN," pungkasnya.