Gotong Royong Massal di Pekanbaru, Bersihkan Saluran Air dari Sampah

Gotong-royong-massal-di-pekanbaru.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Pemerintah Kota Pekanbaru menggelar gotong royong massal dalam upaya mengatasi banjir dan sampah, Kamis 20 Juni 2024. Kegiatan ini juga melibatkan aparat gabungan serta masyarakat.

Pemerintah kota dalam bakti sosial ini juga bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Riau serta unsur Forkopimda. Sejumlah ruas jalan di Kota Pekanbaru yang kerap tergenang banjir menjadi sasaran aksi gotong royong massal ini.

Lokasi gotong royong massal di Jalan HR Soebrantas, Pasar Pagi Arengka dan Jalan Arifin Achmad. Lalu di Jalan Riau, Jalan Kaharuddin Nasution hingga di kawasan Rumbai.

"Itulah titik yang kerap dikeluhkan masyarakat karena kerap tergenang banjir, banyak juga saluran air yang tersumbat," ujar Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru, Indra Pomi Nasution.

Ia mengatakan, gotong royong ini serentak berlangsung di seluruh kecamatan yang ada di Kota Pekanbaru. Kegiatan gotong royong serupa bakal terus digelar secara rutin setiap pekan.


Indra menambahkan, aksi gotong-royong ini diinisiasi oleh Gubernur Riau dan Pj Wali Kota Pekanbaru dalam rangka HUT ke-240 Pekanbaru. Kota ini merupakan wajah dari Provinsi Riau sehingga harus jadi perhatian bersama.

"Ada sekitar dua ribu orang ikut dalam aksi gotong royong ini di enam lokasi, lalu ada juga kelurahan hingga kecamatan," bebernya.

Indra menyebut gotong royong ini melibatkan personel TNI, Polri, ASN hingga masyatakat. Ia berharap permasalahan kota seperti banjir dan drainase yang tersumbat bisa terjawab lewat aksi ini.

Masyarakat bisa ikut membersihkan serta mencegah sampah di saluran air. Apalagi pemerintah kota tidak bisa menuntaskan sendiri permasalahan kota.

"Nantinya masyarakat bisa menggelar gotong-royong di sekitar kantor maupun lingkungan perumahan," tutupnya.