Pembangunan Pasar Cik Puan Berlanjut, Anggaran Capai Rp 80 Miliar

Bangunan-Pasar-Cik-Puan.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Pembangunan Pasar Cik Puan Pekanbaru kembali berlanjut pada tahun 2025 mendatang setelah mangkrak sejak tahun 2012. Pemerintah Kota Pekanbaru sudah mendapat lampu hijau dari Kementerian PUPR untuk membangun kembali pasar tersebut.

Anggaran yang dibutuhkan untuk membangun kembali pasar tradisional di Jalan Tuanku Tambusai ini berkisar Rp 80 miliar. Pasar tersebut nantinya diperkirakan dapat menampung seribu pedagang.

"Kita perkirakan sesuai proposal, untuk membangun kembali pasar ini mencapai Rp 80 miliar," terang Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (DPP) Kota Pekanbaru, Zulhelmi Arifin, Minggu 16 Juni 2024.

Pemerintah kota sudah mengajukan proposal ke Kementerian PUPR terkait rencana kelanjutan pembangunan Pasar Cik Puan. Ia berharap pada tahun depan pembangunan fisik pasar itu sudah terealisasi.


Mereka merancang konsep pasar berlantai dua dan secara bertahap menyiapkan persyaratan untuk membangun kembali Pasar Cik Puan. Tim dari Kementerian PUPR juga sudah melakukan peninjauan ke lapangan.

Zulhelmi menyebut, pihaknya juga sudah melakukan ekspos di hadapan BPKP bersama PIP2B Riau. Ia menyampaikan bahwa sangat besar harapan agar pembangunan pasar ini kembali berlanjut.

"Besar harapan kami agar bangunan ini bisa digunakan kembali," ujarnya.

Bangunan Pasar Cik Puan Pekanbaru akan dilakukan uji struktur sebelum pembangunan dilanjutkan. Hasil uji struktur bangunan fisik menjadi satu syarat agar pasar bisa dibangun kembali.

"Nantinya ada uji struktur, guna memastikan konstruksi bangunan yang lama masih layak atau tidak," kata Zulhelmi.