Sisi Jalan di Pekanbaru Dipenuhi Sampah Gegara Oknum Warga Buang Sembarangan

Sampah-di-sisi-jalan-purwodadi-ujung.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Sampah menumpuk masih ditemukan di sisi jalan di Kota Pekanbaru. Kondisi tersebut menyebabkan sampah menumpuk, seperti terlihat di Jalan Purwodadi Ujung.

Sampah yang menumpuk menyebar dan memenuhi sisi jalan. Kondisi tersebut tidak cuma mengganggu pemandangan, namun juga menimbulkan aroma tidak sedap.

Kebanyakan sampah yang menumpuk merupakan sampah plastik dari rumah tangga. Sampah menumpuk juga terlihat di Jalan Akasia I, Jalan Singgalang hingga Jalan Nagasakti.

Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru, Reza Fahlevi mengatakan, selain angkutan mandiri, pemicu sampah menumpuk juga disebabkan oleh oknum warga yang buang sampah di luar jadwal.

"Kita sudah melihat dari tumpukan itu, kita melihat dari angkutan mandiri melakukan buang di TPS," jelasnya, Rabu 12 Juni 2024.


Dirinya menuturkan, sampah ini juga menumpuk akibat masyarakat yang membuang bukan pada jadwalnya. Ada juga oknum pengelola kafe yang membuang sampah sembarangan.

Reza mengimbau masyarakat untuk membuang sampah di TPS yang telah ditetapkan. Mereka juga bisa membuang sampah sesuai jadwal yakni pukul 19.00 WIB hingga pukul 05.00 WIB.

Pihaknya telah melakukan sosialisasi jam buang sampah kepada masyarakat. Ia mengingatkan angkutan sampah mandiri untuk mengikuti aturan yang ada.

Upaya pengawasan terhadap ritasi operator angkutan sampah juga berlangsung setiap hari lewat GPS. Ada juga petugas gakkum untuk menindak oknum masyarakat yang buang sampah sembarangan.

"Kami juga mengimbau kepada camat dan lurah agar membantu kami sosialisasikan terhadap jam buang," tandasnya.