Persiapan Pilkada Serentak 2024, Bawaslu Pekanbaru Masih Punya Keterbatasan

Risnandar-Mahiwa-melakukan-koordinasi-dengan-Bawaslu-Pekanbaru.jpg
(Laras Olivia/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Persiapan jelang pilkada serentak 2024 di Kota Pekanbaru telah bergulir. Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru dan OPD terkait sudah membentuk tim dalam kesiapan penyelenggaraan pilkada tahun ini. 

Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru, Risnandar Mahiwa pun melakukan koordinasi dengan Bawaslu Pekanbaru. Dirinya mengaku siap menindaklanjuti masukan dari Bawaslu Pekanbaru.

Meski begitu, Risnandar menyadari bahwa Kantor Bawaslu Pekanbaru masih ada keterbatasan sarana dan prasarana. Selain itu juga keterbatasan petugas untuk mendukung aktivitas Bawaslu Pekanbaru jelang pilkada nanti.

"Maka bakal kita tindaklanjuti hal itu guna memastikan pilkada berjalan baik," ujarnya saat melakukan pertemuan di Kantor Bawaslu Pekanbaru, Jalan Puyuh, Kota Pekanbaru, Selasa 11 Juni 2024.


Risnandar dalam pertemuan itu didampingi oleh sejumlah pejabat yakni Ingot Ahmad Hutasuhut (Asisten II Sekretariat Daerah Kota Pekanbaru) dan Mirwansyah (Plt Kepala Badan Kesbangpol Kota Pekanbaru).

Agenda kedatangan Risnandar dalam rangka koordinasi terkait kesiapan pilkada serentak. "Pemerintah kota siap bersinergi dengan Bawaslu Pekanbaru dalam penyelenggaraan pilkada serentak di Kota Pekanbaru," katanya.

Ketua Bawaslu Pekanbaru, Ferdy menyebut bahwa pihaknya siap melakukan pengawasan pada pilkada nanti. Apalagi seluruh lembaga di bawah Bawaslu Pekanbaru sudah terbentuk.

Ada panwascam di 15 kecamatan, pengawas kelurahan di 83 kelurahan di Kota Pekanbaru. 

"Ada sekitar 150 petugas siap menjadi pengawas dalam pilkada nanti. Mereka mengawasi tahapan Pilkada," ujarnya.