Mahasiswa UIN Suska Riau Aksi Bela Palestina, Sampaikan Kecaman atas Ketidakadilan

Mahasiswa-UIN-Suska-Riau-Aksi-Bela-Palestina.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Mahasiswa di Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska) Riau, aksi bela Palestina melakukan aksi bela Palestina. Mereka menyuarakan dukungan terhadap rakyat Palestina yang tengah mengalami penindasan dan kekerasan.

Ratusan mahasiswa yang berasal dari berbagai fakultas berkumpul di halaman kampus di depan Islamic Center(IC), Jumat 31 Juni 2024. 

Aksi dimulai dengan kata sambutan oleh Ketua Gerakan Aksi bela Palestina, Radian Pamungkas, yang menggarisbawahi pentingnya dukungan De Facto untuk Palestina.

"Kita semua di sini berkumpul bukan hanya sebagai mahasiswa, tetapi juga sebagai manusia yang mempunyai rasa peduli terhadap penderitaan saudara-saudara kita di Palestina," ujar Ketua Gerakan aksi bela Palestina.

Para peserta aksi kemudian melakukan long march di sekitar kampus, membawa spanduk dan poster yang bertuliskan pesan-pesan solidaritas seperti "Free Free Palestine", "Stop Genosida, dan "Save Gaza dan Save Rafah.


Suasana penuh semangat tampak dari yel-yel yang diteriakkan bersama-sama, menciptakan suara persatuan dan kebersamaan di antara kalangan mahasiswa sampai lokasi terakhir di halaman rektorat. 

Tidak hanya itu, aksi ini juga diisi dengan orasi, puisi dan merobekkan foto-foto bendera Israel bersama-sama serta berdoa untuk kedamaian di Palestina.

"Aksi Ini dilakukan perdana di UIN Suska Riau. Mengingat semua yang hadir akan pentingnya persatuan umat Islam dalam menghadapi ketidakadilan," kata Radian.

Para mahasiswa berharap, melalui aksi ini, mereka dapat menyampaikan pesan kuat kepada dunia bahwa rakyat Palestina tidak sendirian dalam perjuangannya.

"Aksi bela Palestina di UIN Suska Riau ini menunjukkan betapa kuatnya rasa solidaritas dan kepedulian di kalangan mahasiswa terhadap isu-isu kemanusiaan," paparnya.

Para mahasiswa bertekad untuk terus mendukung perjuangan Palestina. Tidak hanya melalui aksi demonstrasi, tetapi juga melalui berbagai kegiatan lain yang dapat memberikan dampak positif.