Hadiri Upacara Peringatan Harlah Pancasila di Dumai, Menteri AHY Kenakan Baju Melayu dan Tanjak

Menteri-AHY-Kenakan-Baju-Melayu-dan-Tanjak.jpg
(Laras Olivia/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri Upacara Hari Lahir (Harlah) Pancasila 1 Juni 2024.

Upacara yang mengusung tema 'Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045' berlangsung di Lapangan Garuda Blok Rokan, Kota Dumai. AHY bersama seluruh peserta upacara kali ini hadir dengan mengenakan pakaian adat.

AHY tampak gagah mengenakan pakaian Adat Melayu Pekanbaru berbahan tenun asli, lengkap mulai dari teluk belanga (topi), baju kerah cekak musang, kain samping, bengkung (tali pinggang), selempang (selendang), keris, dan tanjak. Pakaian Melayu warna dasar biru dan corak kuning keemasan yang melambangkan arti kejayaan. 

Putra dari mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dengan ramah menyapa masyarakat yang juga hadir di lokasi kegiatan. Ia tak lupa melayani masyarakat yang ingin berswafoto.

"Pagi ini, saya senang sekali bisa mengikuti jalannya upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2024 yang dipimpin langsung oleh Presiden Jokowi berlokasi di Dumai, Provinsi Riau," kata AHY. 

Lebih jauh ia juga menegaskan bahwa nilai-nilai Pancasila harus diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Pancasila bukan hanya diperingati dan tidak boleh dikultuskan. 


"Tetapi, Pancasila harus dijiwai dan diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari, naik kehidupan berbangsa, bermasyarakat dan bernegara. Jadi, saya berharap Indonesia semakin maju dan makmur di masa depan," paparnya. 

Kementerian ATR/BPN harus selalu berpedoman dan berpegang teguh pada Pancasila. Sebab, Pancasila merupakan pedoman yang akan membawa Indonesia semakin maju, semakin makmur, dan sejahtera negara. 

Pada upacara itu, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo bertugas sebagai pembaca Pancasila. Ketua DPD RI, AA La Nyalla Mahmud Mattalitti sebagai pembaca UUD 1945 serta Ketua Menko PMK Muhadjir Effendy sebagai pembaca doa.

Sederet menteri dan pejabat yang hadir yaitu Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Mendagri Tito Karnavian, serta Kapolri Listyo Sigit Prabowo. Saat upacara Hari Lahir Pancasila ini, 

Sebelumnya, pada Jumat 31 Mei 2024, AHY dalam kunjungan kerjanya di Riau juga mendampingi Presiden Joko Widodo dalam peresmian jalan tol dan upacara peringatan Hari Lahir Pancasila. Kemudian, menyerahkan sertifikat tanah hasil program strategis Kementerian ATR/BPN, serta melakukan peninjauan pelayanan di sejumlah Kantor Pertanahan (Kantah).

Menteri AHY mendampingi Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Pekanbaru-Padang, ruas Bangkinang-XIII Koto Kampar. Selanjutnya, ia kembali ke Kota Pekanbaru meninjau langsung layanan pertanahan di Kantah Kota Pekanbaru.

Dirinya juga langsung menyerahkan 12 Sertifikat Tanah Elektronik. Sertifikat tersebut terdiri dari 5 sertifikat Barang Milik Daerah (BMD), 5 sertifikat Barang Milik Negara (BMN), dan 2 Sertipikat Hak Milik perorangan.

Bertolak dari Kantah Kota Pekanbaru, AHY menyerahkan sertifikat tanah hasil Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) kepada 42 kepala keluarga (KK) yang tinggal di Kelurahan Tebing Tinggi Okura, Kecamatan Rumbai Timur, Kota Pekanbaru. Penyerahan sertipikat akan dilakukan secara door to door ke rumah warga di kawasan tersebut.