Sejumlah Produk Perkebunan Riau Alami Fluktuasi Harga

Ilustrasi-kelapa-butir.jpg
(ANTARA FOTO)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Sejumlah produk perkebunan di kabupaten/kota di Provinsi Riau terus mengalami fluktuasi harga pada periode minggu ini. 

Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Riau, Syahrial Abdi mengatakan, beberapa produk mengalami kenaikan harga, sedangkan produk lainnya mengalami penurunan.

"Misalnya kelapa butiran di Kabupaten Kampar, Kepulauan Meranti dan Indragiri Hilir (Inhil), kemarin mengalami penurunan harga sebesar Rp158 per kilogram. Sehingga per minggu ini, harganya berkisar Rp3.465 per kilogram," ujarnya.

Disamping itu, kenaikan harga terjadi pada produk Kopra mutu kering yang dihasilkan di Kabupaten Inhil dan Kepulauan Meranti. Dengan kenaikan Rp50 perkilogram, harga kopra saat ini berkisar Rp5.650 per kilogram.


"Harga Pinang kering juga mengalami kenaikan dan saat ini harganya berkisar Rp3.975 per kilogram di Kabupaten Siak, Inhil, Kampar, Kepulauan Meranti dan Bengkalis," jelasnya.

Sementara itu, sejumlah produk perkebunan lainnya disinyalir masih stabil harganya sejak minggu lalu. Seperti harga tepung sagu basah di Kabupaten Indragiri Hilir dan Kabupaten Kepulauan Meranti.

"Harga minggu ini masih sama dengan minggu lalu, yakni Rp2.525 per kilogram," jelasnya.

Ia menjelaskan, fluktuasi harga produk perkebunan di Provinsi Riau merupakan dinamika yang pasar yang memang akan terjadi terus menerus. Oleh karenanya, para petani diimbau konsisten memantau perkembangan pasar untuk mengoptimalkan keuntungannya.

"Para petani dan pelaku usaha di sektor ini diharapkan dapat terus memantau perkembangan harga untuk mengoptimalkan keuntungan mereka," pungkasnya.