Pendaftaran Sekolah Kedinasan Dibuka Besok, Catat Cara dan Syarat Daftarnya

Ilustrasi-sekolah-kedinasan.jpg
(Dok. PKN STAN)

RIAU ONLINE - Pendaftaran seleksi sekolah kedinasan 2024 akan dibuka Badan Kepegawaian Negara (BKN) besok, Rabu, 15 Mei 2024 hingga 13 Juni 2024. Pengumuman pendaftaran seleksi sekolah kedinasan akan dimulai hari ini, Selasa, 14 Mei 2024.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala BKN Haryono Dwi Putranto mengajak para generasi milenial untuk memanfaatkan kesempatan ini melamar menjadi calon Aparatur Sipil Negara (ASN) melalui formasi sekolah kedinasan.

"Ini kesempatan bagi masyarakat yang ingin memilih karirnya menjadi ASN," ujar Haryomo dalam konferensi pers secara virtual, dikutip dari kumparan.

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Permen PANRB) Nomor 20 Tahun 2021, menjelaskan bahwa sekolah kedinasan merupakan perguruan tinggi yang diselenggarakan oleh Kementerian Keuangan, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Kementerian Perhubungan, Badan Pusat Statistik, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, Badan Intelijen Negara, Badan Siber dan Sandi Negara, dengan pola ikatan dinas dan/atau pola pembibitan.

"Tentunya dipersyaratkan bagi para pelamar yang memenuhi kompetensi spesifik. Bidang pengelolaan keuangan dan kekayaan negara, keamanan siber dan persandian, keimigrasian dan permasyarakatan, meteorologi, klimatologi, dan geofisika, serta bidang transformasi," kata Haryomo.


Ada 8 kementerian/lembaga (K/L) penyelenggara sekolah kedinasan, yang terbagi menjadi 30 sekolah kedinasan berdasarkan ketetapan Kementerian PAN RB dengan alokasi 3.445 formasi adalah Politeknik Keuangan Negara STAN, Institut dan Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN).

Kemudian Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN), Politeknik Siber dan Sandi Negara, Politeknik Statistika STIS, Politeknik Ilmu Pemasyarakatan dan Politeknik Imigrasi, 22 sekolah kedinasan di bawah naungan Kementerian Perhubungan, serta Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (STMKG).

Untuk kamu yang tertarik mendaftar di sekolah kedinasan, pendaftara dapat dilakukan secara online melalui laman Sistem Seleksi Sekolah Kedinasan. Caranya:

1. Kunjungi laman Sistem Seleksi Sekolah Kedinasan
2. Buat akun SSCASN sekolah kedinasan dengan NIK yang tervalidasi oleh Dukcapil, kemudian cetak informasi akun
3. Login ke SSCASN sekolah kedinasan menggunakan NIK dan password
4. Pilih Sekolah Kedinasan Unggah swafoto, dan pilik Sekolah Kedinasan
5. Melakukan pembayaran seleksi
6. Lengkapi nilai, unggah berkas dan bukti pembayaran formulir pendaftaran, kumudian cek resume
7. Proses verifikasi

Jadwal seleksi sekolah kedinasan 2024

  • Pengumuman pendaftaran Sekolah Kedinasan: 14 Mei 2024
  • Pendaftaran Sekolah Kedinasan: 15 Mei - 13 Juni 2024
  • Pelaksanaan Ujian SKD (Seleksi Kompetensi Dasar): 18 Juli - 6 Agustus 2024
  • Pelaksanaan Seleksi Lanjutan diatur oleh masing-masing Sekolah Kedinasan.