TNI Tangkap 2 Warga Pengguna Sabu dan Bersenjata Api Rakitan di Rohil

Pengguna-sabu-bersenpi-ditangkap-di-rohil.jpg
(Dok. Kodim 0321/Rohil)

RIAU ONLINE, ROHIL - TNI dari Tim Unit Intel Kodim 0321/Rohil mengamankan dua orang pengguna narkotika jenis sabu yang kerap meresahkan warga. Dalam pengamanan tersebut juga ditemukan dua unit senjata api (senpi) rakitan.

Dua pengguna narkotika yang diamankan tersebut yakni, SS (32 tahun) sekaligus pemilik senjata api rakitan dan SPY (44) warga Jalan Lintas Mahato.

Dandim 0321/Rohil, Letkol Kav Nugraha Yudha Prawiranegara, menerangkan bahwa pengungkapan penyalahgunaan narkotika dan kepemilikan senpi rakitan tersebut berdasarkan laporan dari masyarakat.

"Kita mendapat informasi dari masyarakat adanya penyalahgunaan narkoba dan kepemilikan senpi di sebuah rumah Jalan Lintas Mahato, Kepenghuluan Sei Meranti," ujar Letkol Kav Nugraha, Senin, 29 April 2024.

Tim unit Intel lantas melakukan penyelidikan dan menggerebek lokasi yang sering dijadikan tempat penyalahgunaan narkotika dan juga diduga sedang merakit sepucuk senjata api jenis pistol.


“Saat itu ditemukan satu pucuk diduga rakitan senjata laras panjang dan satu pucuk diduga senjata api laras pendek yang sedang dalam perakitan yang diakui oleh SS sebagai miliknya,” jelas Dandim.

Setelah diamankan, kedua pelaku beserta barang bukti dibawa ke Koramil 0321-06/TM untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Dandim menyebut, penangkapan tersebut dilakukan dengan berkoordinasi dengan Kapolsek Pujud, Polres Rohil. Kini pelaku sedang diamankan di Koramil 0321-06/TM.

"Pelaku SS mengaku bahwa dirinya belajar merakit senjata api dari sosial media YouTube serta tidak memiliki izin untuk melakukan perakitan atau pun kepemilikan senjata api," terang Dandim.

Dandim juga mengatakan, pelaku SS sering meresahkan dan bersikap arogan kepada warga karena kebiasaannya mengkonsumsi narkoba jenis sabu dan dikhawatirkan akan melakukan tindak pidana lainnya dengan kepemilikan senjata api rakitan tanpa izin.

"Kami Kodim 0321/Rohil, bersama-sama Polres Rohil siap membantu Pemda Rohil sebagai salah satu wujud sinergitas dalam mengurangi potensi berkembangnya penyakit masyarakat serta menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan masyarakat," pungkasnya.