Operasi Ketupat LK 2024, Ribuan Personel Gabungan Siap Amankan Mudik Lebaran

Kapolda-Riau100.jpg
(DEFRI CANDRA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Ribuan personel gabungan dari berbagai instansi siap mengamankan arus mudik dan perayaan Idul Fitri 1445 H di Provinsi Riau.

Hal tersebut ditegaskan Kapolda Riau, Irjen Pol Mohammad Iqbal, dalam Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Lancang Kuning 2024 yang digelar di halaman Kantor Gubernur Riau, Jalan Jenderal Sudirman, Kota Pekanbaru, Rabu, 3 April 2024.

"Apel ini merupakan simbol kesiapsiagaan seluruh pihak dalam menjaga kelancaran dan keamanan mudik serta perayaan Idul Fitri. Sehingga masyarakat mudik menjadi aman, nyaman, ceria dan penuh khidmat," ujar Irjen Iqbal.

Irjen Iqbal menegaskan kunci utama mudik aman dan nyaman adalah sinergitas seluruh stakeholder sehingga siap untuk melakukan pelayanan dan pengamanan lebaran dan arus mudik.

Jenderal bintang dua itu menjelaskan, pihaknya bersama stakeholder terkait menyiagakan 3.508 personel gabungan yang tersebar di 12 kabupaten kota. Personel itu akan ditempatkan di pos pengamanan, pos pelayanan dan pos terpadu.


"Total ada 3.508 personel yang terdiri dari 258 personel Polda Riau, 1.421 personel Polres dan jajaran, serta 1.829 personel dari instansi terkait," tambah Iqbal seusai memimpin apel.

Selain itu, Polda Riau dan stakeholder terkait juga telah mendirikan pos pengamanan di sejumlah titik-titik yang dianggap rawan.

"Kami mendirikan 37 pos pengamanan, 22 pos pelayanan dan 3 pos terpadu," terangnya.

Kepada seluruh pemudik, Irjen Iqbal mengimbau kepada warga yang hendak pulang kampung agar menitipkan rumahnya atau kendaraannya kepada RW atau RT setempat. Tujuannya untuk menghindari terjadinya tindak pidana pencurian rumah kosong.

"Kita akan tetap melakukan pengamanan di tempat tinggal warga. Kepada yang mudik agar berhati-hati di jalan dan selalu patuhi peraturan berlalu lintas," pungkasnya.