Sambaran Petir Picu Kobaran Api di Pertamini, Dua Toko Ludes Terbakar

Pemadaman-kebakaran-di-Pertamini.jpg
(Dok. Polsek Tampan)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kebakaran hebat terjadi di Jalan Cipta Karya, Kelurahan Sialang Munggu, Kecamatan Tuah Madani, Pekanbaru, Senin, 1 April 2024 malam. Dua toko ludes di ludes terbakar.

Kebakaran ini diduga disebabkan oleh sambaran petir ke mesin Pertamini hingga merembet ke toko lainnya hingga menghanguskan bangunan yang ada di sekelilingnya.

Beruntung tidak ada korban jiwa pada insiden ini, namun kerugian mencapai ratusan juta rupiah.

Kapolsek Tampan, Kompol Asep Rahmat menjelaskan Sekitar pukul 18.30 WIB, saat hujan lebat disertai petir dan listrik padam, saksi 1 dan saksi 4 melihat petir menyambar mesin pertamini milik saksi 1.


"Seketika api membesar karena percikan api dari petir ditambah BBM jenis pertalite membuat api cepat membesar," ujar Kompol Asep, Senin malam.

Tak lama setelah kejadian, warga panik dan berhamburan mencari pertolongan sambil berupaya memadamkan kobaran api sebisa mereka.

"Beruntung mobil pemadam kebakaran datang dengan beberapa Armada hingga api berhasil dipadamkan," jelasnya.

Kompol Asep juga mengatakan pada insiden ini tidak ada korban jiwa. Ia mengimbau masyarakat untuk berhati-hati saat hujan lebat disertai petir.

Pastikan semua peralatan elektronik dicabut dari stop kontak dan hindari beraktivitas di dekat benda yang mudah terbakar," pungkasnya.