Rawan Kecelakaan, Puluhan Rambu Peringatan Dipasang di Jalan Provinsi Riau

Imbauan-rawan-kecelakaan2.jpg
(Dok. Polda Riau)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Puluhan rambu-rambu peringatan dipasang di kawasan rawan kecelakaan lalu lintas di Provinsi Riau. Hal ini dilakukan atas kewenangan Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Riau guna menekan fatalitas korban bersamaan dengan meningkatnya arus mudik Lebaran.

Kepala Dishub Riau, Andi Yanto, mengatakan ada puluhan titik rawan kecelakaan yang dipasangi rambu-rambu peringatan di jalan-jalan provinsi.

"Tercatat puluhan titik rawan kecelakaan yang dipasang rambu-rambu peringatan dan sesuai kewenangan Dishub Provinsi Riau maka rambu rambu peringatan rawan kecelakaan lalulintas itu kita pasang di jalan jalan provinsi," katanya, Senin, 1 April 2024.

Andi Yanto menjelaskan pemasangan rambu-rambu peringatan untuk jalan-jalan nasional tersebut dilakukan pihak balai transportasi darat Kementerian Perhubungan.

Selain itu, rambu-rambu peringatan juga akan dipasang di jalan kabupaten dan kota oleh masing-masing pemerintah kabupatan dan kota.


Tak hanya peringatan rawan kecelakaan, kata dia, rambu-rambu peringatan di daerah longsor, jalan rusak dan gelombang, turut dipasang agar pengedara lebih berhati-hati.

"Dengan memasang rambu-rambu peringatan di daerah rawan kecelakaan lalulintas tersebut semoga bisa meminimalisasi kecelakaan saat arus mudik Idul Fitri 2024, dan korban laka lantas bisa ditekan," katanya.

Dishub Riau mengimbau masyarakat yang ingin mudik ke kampung halaman untuk tetap fokus dan berhati-hati dalam perjalanan. Perhatikan petunjuk rambu-rambu lalu lintas yang dipasang di jalan nasional, provinsi, dan jalan kabupaten.

Berdasarkan data Pemerintah Provinsi Riau jalur mudik di Riau terdapat empat jalan lintas yakni jalan lintas Riau-Sumatera Barat via Kabupaten Kampar dan via Kabupaten Kuantan Singingi. Berikut Jalan lintas Riau-Sumatera Utara meliputi Kabupaten Siak, Bengkalis dan Rokan Hilir.

Selain itu jalan lintas Riau-Jambi melalui Kabupaten Pelalawan, Indragiri Hulu, dan Indragiri Hilir. Empat jalur mudik Riau tersebut melalui jalur utara, jalur barat, jalur timur dan jalur selatan.(ANTARA)