Pekanbaru Dipadati Masyarakat Belanja Jelang Lebaran, Hati-hati Parkir Kendaraan

Ruas-jalan-menuju-Mal-SKA-macet.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kota Pekanbaru menjadi salah satu tujuan masyarakat dari luar kota berbelanja jelang hari besar keagamaan. Hal ini menjadi pemicu padatnya lalu lintas seperti jelang Idulfitri 1445 H/2024 ini.

Kondisi ini juga dibenarkan Kepala UPT Perparkiran Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru Radinal Munandar. Dirinya menyebut bahwa jelang Idulfitri antusias masyarakat datang ke pusat perbelanjaan cukup tinggi.

Pihaknya pun terus melakukan pengawasan layanan parkir tepi jalan umum. Pengawasan melekat dilakukan di titik keramaian dan rawan kemacetan. 

"Kondisi ini terjadi setiap tahun, maka kami melakukan pengaturan di titik tersebut," jelasnya, Senin 1 April 2024.

Sejumlah lokasi yang menjadi perhatian adalah di sekitar Sukaramai Trade Center (STC) Jalan Jenderal Sudirman, di kawasan Mall SKA dan Living World. Karena di lokasi tersebut saat ini ramai oleh pengunjung yang ingin berbelanja kebutuhan lebaran. 


"Di sejumlah lokasi kawan-kawan di lapangan melakukan pengawasan ketat dan memberikan pengarahan kepada masyarakat agar tidak parkir di sembarang tempat," ujarnya.

Radinal menambahkan, tim di lapangan tidak hanya mencegah kemacetan. Mereka juga mengantisipasi adanya aktivitas parkir liar dengan menggelar patroli.

"Kita mencegah parkir yang tidak pada tempatnya dan antisipasi adanya jukir liar," sebutnya.

Dirinya menyebut bahwa seluruh regu di UPT Perparkiran Dishub Kota Pekanbaru diturunkan. Pihaknya juga berkoordinasi dengan aparat keamanan untuk menjaga keamanan di titik parkir.

"Ada tiga regu pengawasan yang kita turunkan di lokasi padat parkir. Kami juga imbau masyarakat saat memarkirkan kendaraan, agar kendaraan ditinggal dalam keadaan aman," katanya mengingatkan.