Pusat Perbelanjaan di Pekanbaru Ramai Jelang Lebaran, Catat Lokasi Rawan Macet

Macet-di-soekarno-hatta.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Sejumlah pusat perbelanjaan di Kota Pekanbaru makin ramai jelang Idul Fitri 1445 H. Volume kendaraan yang parkir di tepi jalan umum pun meningkat hingga menyebabkan kemacetan.

Pantauan RIAU ONLINE Minggu, 31 Maret 2024, macet terjadi di sekitar pusat perbelanjaan sejak siang hingga malam hari. Ada sejumlah lokasi menjadi perhatian dari Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru karena parkirnya membludak.

Lokasi tersebut di antara ruas Jalan Jenderal Sudirman depan Sukaramai Trade Centre (STC), lalu di persimpangan SKA di depan Living World dan depan Mal SKA.

"Ketiga lokasi tersebut saat ini ramai pengunjung, sehingga parkir dalam pusat perbelanjaan penuh. Pengunjung pun memilih untuk parkir di luar," ujar Kepala UPT Perparkiran Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru, Radinal Munandar.


Dirinya menyadari bahwa di kawasan tersebut menjelang momen lebaran bakal dipenuhi oleh kendaraan pengunjung, sehingga berpotensi muncul kendaraan yang parkir sembarangan.

Untuk itu, kata Radinal, ada petugas di lapangan yang mengawasi kendaraan agar tidak parkir di badan jalan. Pihaknya melakukan pengawasan layanan parkir tepi jalan umum terutama yang rawan kemacetan.

"Kita siagakan petugas yang diterjunkan untuk melakukan pengawasan di titik keramaian," sebutnya.

Pengawasan di titik parkir keramaian guna memastikan arus lalu lintas di sekitar titik keramaian berjalan lancar. Para petugas di lapangan juga mengingatkan masyarakat agar tidak parkir sembarangan.

Petugas juga mencegah adanya kendaraan parkir hingga memakan badan jalan sehingga menimbulkan kemacetan. Para petugas di lapangan tidak segan menindak oknum juru parkir yang membuat kantong parkir baru tanpa izin.