Petugas Lapas Kelas IIA Pekanbaru Patroli Keliling, Tingkatkan Keamanan saat Ramadan

Petugas-lapas-kelas-IIA-patroli.jpg
(Dok. Lapas Kelas IIA Pekanbaru)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Petugas Lapas Kelas II A Pekanbaru meningkatkan kewaspadaan di bulan Ramadan dengan menggelar patroli keliling di area sekitar kantor. Patroli ini dilakukan untuk memastikan situasi aman dan terkendali dari berbagai potensi gangguan keamanan.

Kegiatan patroli rutin dilakukan setiap malam hari, menyasar area halaman depan kantor, samping kiri dan kanan, belakang, serta rumah dinas Lapas. Petugas melakukan pemeriksaan dan pengamatan secara teliti terhadap setiap bangunan luar dan lingkungan sekitar.

Kepala Lapas Kelas II A Pekanbaru, Sapto Winarno, menjelaskan bahwa patroli ini bertujuan untuk meningkatkan keamanan dan kewaspadaan terhadap segala kemungkinan terjadinya tindak kejahatan.

"Patroli keliling ini rutin dilakukan oleh petugas jaga yang bertugas pada malam hari."

"Tujuannya untuk meningkatkan keamanan dan kewaspadaan terhadap segala kemungkinan terjadinya tindak kejahatan yang dilakukan oleh orang orang yang tidak bertanggung jawab," ujar Sapto, Sabtu, 16 Maret 2024.


Dia menambahkan, di bulan Ramadan ini patroli keliling lingkungan kantor harus lebih sering ditingkatkan. Hal ini dikarenakan potensi gangguan keamanan relatif meningkat menjelang lebaran.

"Kondisi di bulan suci Ramadan ini patroli keliling lingkungan kantor harus lebih sering ditingkatkan mengingat semakin dekat dengan lebaran potensi gangguan keamanan relative lebih meningkat pula," sambungnya.

Patroli yang dilakukan oleh petugas Lapas Kelas II A Pekanbaru ini secara tidak langsung juga membantu menjaga keamanan bagi warga masyarakat yang tinggal di sekitar kompleks Lapas. 

Hal ini menunjukkan bahwa petugas Lapas turut menjalankan fungsi kamtibmas (Keamanan dan Ketertiban Masyarakat) meskipun dalam skala yang kecil," pungkasnya.

"Dengan patroli keliling yang rutin dilakukan, diharapkan situasi di sekitar Lapas Kelas II A Pekanbaru tetap aman dan kondusif, terutama selama bulan Ramadan dan menjelang Hari Raya Lebaran.