Perindah Kota Pekanbaru, Pohon Tabebuya Ditanam di Sepanjang Median Jalan Sembilang

Penanaman-bibit-pohon-tabebuya1.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Ratusan bibit Pohon Tabebuya ditanam di sepanjang median Jalan Sembilang, Kota Pekanbaru. Penanaman pohon ini dalam rangkaian In Journey Green Sakura di Nusantara dalam program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL).

EGM Bandara SSK II Pekanbaru, Radityo Ari Purwoko menyampaikan, ada sebanyak 4.000 pohon Tabebuya ditanam serentak di Bandara Angkasa Pura II. Kota Pekanbaru mendapatkan sebanyak 450 pohon Tabebuya.

"Kita melakukan penanaman Pohon Tabebuya, jadi dalam program PT Aviasi Pariwisata Indonesia, yang merupakan holding atau induk dari PT Angkasa Pura II. Untuk di Pekanbaru mendapatkan 450 pohon, 350 ditanam di median jalan, selebihnya ditanam di sekitar bandara," ujar pria yang akrab disapa Oki.

Dirinya menuturkan, kehadiran Pohon Tabebuya ini menambah keindahan Kota Pekanbaru, karena nantinya akan menghiasi jalan dua jalur tersebut ketika sudah mekar. Ia juga berharap pohon ini mendorong pariwisata di kota.

"Jadi, ini juga dalam program mendorong pariwisata di daerah. Karena kita tahu, ketika pohon Tabebuya berbunga akan tampak sangat indah," paparnya.


"Mungkin 5 sampai 10 tahun ke depan baru kita akan menikmati hasilnya. Maka, kalau tidak sekarang, kapan lagi kita akan mulai, sekarang kita menanam untuk anak cucu kita," sambungnya.

Di tempat sama, Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru, Reza Fahlevi mengapresiasi adanya kegiatan penanaman pohon Tabebuya. Apalagi kegiatan ini serentak digelar di wilayah Angkasa Pura II.

"Kita apresiasi kegiatan program dari Angkasa Pura II ini, penanaman ini serentak di seluruh Indonesia. Selanjutnya di median jalan ini bakal ditanam Pohon Tabebuya, sehingga bisa menambah keindahan kota," ujarnya.

Menurutnya, keberadaan pohon ini juga berdampak positif bagi lingkungan di sekitarnya. Reza juga berharap masyarakat bisa bersama menjaga kelestarian pohon dan lingkungan.

"Penanaman pohon ini tentunya sangat baik untuk lingkungan kita. Nanti yang akan menikmati anak cucu kita, kami juga memohon agar masyarakat sekitar bisa bersama menjaga pohon ini," pesannya.