Pendaftaran Beasiswa Pemko Pekanbaru 2024 Dibuka, Sekdako: Kita Transparan

Ilustrasi-Beasiswa2.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Mahasiswa program D3 dan S1 yang mengikuti pendidikan pada perguruan tinggi di dalam/luar daerah, bisa mengajukan permohonan mendapatkan beasiswa Pemko Pekanbaru 2024.

"Jadi bagi anak-anak kita yang kuliah di jenjang pendidikan D3 dan S1 yang kurang mampu dan berprestasi, silakan ajukan permohonan ke bagian Kesra. Nanti dilakukan seleksi, apakah memenuhi syarat atau tidak?" ujar Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru Indra Pomi Nasution.

Dirinya memastikan sistem penyaluran bantuan beasiswa dilakukan secara transparan. Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru akan mengakomodir permohonan yang diajukan mahasiswa.

"Beasiswa, kita transparan aja. Tapi kalau tidak memenuhi persyaratan, bagaimana mau kita bantu," ucapnya.

Anggaran yang digelontorkan untuk beasiswa ini mencapai Rp 1,9 miliar. Rincian bantuan beasiswa sama seperti tahun 2023 yakni untuk mahasiswa Strata Satu (S1) sebesar Rp 4 juta dan Diploma Tiga (D3) Rp 3 juta.


Syarat untuk penerima beasiswa bisa dilihat pada Peraturan Wali Kota Pekanbaru Nomor 147 Tahun 2023 Tentang Standar Operasional Prosedur Sistem Seleksi dan Verifikasi Calon Penerima Beasiswa Pemko Pekanbaru.

Mahasiswa yang bisa menerima bantuan beasiswa merupakan warga Kota Pekanbaru yang memiliki KTP Kota Pekanbaru. Mahasiswa jenjang D3 batas maksimal semester 5 dan untuk jenjang S1 batas maksimal semester 7.

Kemudian, bagi mahasiswa berprestasi akademik, minimal IPK 3.60 dan bagi mahasiswa kurang mampu minimal 2,50. Mahasiswa berprestasi di non akademik akan dihitung berdasarkan prestasinya di bidang yang ditekuninya.

Kepala Bagian Kesra Setdako Pekanbaru Tri Sepna Saputra menyampaikan jika pendaftaran permohonan bantuan beasiswa telah mulai dibuka pihaknya sejak 1 Maret 2024.

"Pendaftaran kita buka sampai tanggal 24 Maret, untuk syarat dan proses pengajuan bisa diakses di website kita di Beasiswa.pekanbaru.go.id," ulasnya