Perbaikan Jalan Rusak di Pekanbaru Pasca Proyek IPAL dan PDAM Belum Merata

Jalan-Ahmad-Yani-Rusak1.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Sejumlah ruas jalan bekas galian Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) maupun pipa air bersih PDAM Tirta Siak Pekanbaru mengalami kerusakan. Ada di antaranya belum ditimbun atau diaspal kembali.

Perbaikan jalan rusak pasca proyek tersebut nyatanya belum merata. Ada di antara ruas jalan yang sudah diperbaiki tapi amblas sehingga membahayakan pengguna jalan.

"Untuk perbaikannya dilakukan oleh kontraktor IPAL maupun kontraktor PDAM," ujar Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru, Edward Riansyah, Minggu 3 Februari 2024.

Ia menjelaskan, dinas memang tidak melakukan perbaikan terhadap ruas jalan rusak akibat galian IPAL maupun pipa air bersih. Pihaknya sudah melakukan komunikasi dengan kontraktor pelaksana dari dua proyek itu.


Pihak kontraktor seharusnya segera melakukan perbaikan terhadap ruas jalan yang rusak maupun amblas. Edward menyebut ruas jalan bekas galian kedua proyek itu masih masuk tahap pemeliharaan dari para kontraktor pelaksana.

Ia menyadari ada ruas jalan yang sudah tuntas masa pemeliharaannya. 

"Tapi ada juga yang masa pemeliharaannya berlangsung hingga akhir tahun ini, jadi yang masih ada masa pemeliharaannya, masih bisa kita komplain," ulasnya.

Dia menambahkan untuk jalan yang masih tahap pemeliharaan tentu menjadi tanggung jawab dari kontraktor. Sedangkan pihaknya cuma membantu pengawasan aktivitas galian IPAL maupun pipa air bersih.