Harimau Masuk Rumah Warga Siak, Sempat Tarik Kaki Balita Tidur

Balita-digigit-harimau.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, SIAK - Seorang balita berusia dua tahun menjadi korban serangan harimau Sumatera di camp pekerja, Dusun Mungkal, Desa Penyengat, Kecamatan Sungai Apit, Siak.

Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, Genman Suhefti mengatakan, seekor harimau masuk ke rumah warga bernama Iwan.

“Satwa harimau sempat mencoba menarik kaki anak laki-laki berusia dua tahun yang sedang tidur di dalam kamar bersama ibunya,” ungkapnya, Rabu, 21 Februari 2024.

Genman menambahkan, anak tersebut berhasil selamat usai ibu korban berteriak minta tolong.

“Anak tersebut berhasil selamat karena ibunya terbangun dan langsung menjerit meminta pertolongan, namun anak tersebut mengalami luka pada kaki kiri, diduga karena gigitan atau cakaran,” jelas Genman.


Harimau masuk dari pintu di dapur rumah yang saat itu sedang terbuka.

“Korban kemudian dibawa untuk mendapatkan pertolongan pertama dan seluruh pekerja dan warga Dusun Mungkal berjaga di lokasi,” sebutnya.

Harimau sempat kembali mendekati rumah, namun masyarakat berhasil mengusir satwa dilindungi tersebut.

“Setelah mendapatkan laporan kejadian tersebut, Balai Besar KSDA Riau melakukan koordinasi dengan pihak perusahaan dan pemerintah daerah dan Tim WRU Balai Besar KSDA Riau dari Seksi Wilayah terdekat meluncur ke TKP bersama dengan Tim BPBD Siak untuk melakukan mitigasi,” terangnya.

Selanjutnya BBKSDA akan memasang sejumlah camera trap dan kandang jebak di sekitar lokasi.

“Tim akan melakukan pemasangan camera trap dan kandang jebak serta melakukan sosialisasi kepada masyarakat guna menghadirkan rasa aman dan tenang,” tutupnya.