Ditargetkan Fungsional Jelang Idul Fitri, Alat Berat Dikerahkan Perbaiki Jalan Lintas Rengat-Tembilahan

Perbaikan-jalan-lintas-di-rengat.jpg
(Dok. Dinas PUPR Riau)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Pemerintah Provinsi Riau menargetkan perbaikan Jalan Lintas Rengat-Tembilahan sudah dalam kondisi fungsional menjalang Idul Fitri 1445 Hijriah mendatang.

Ruas jalan yang mengalami kerusakan menghubungkan Kabupaten Indragiri Hulu dan Indragiri Hilir. Namun, faktor cuaca masih menjadi kendala yang mempengaruhi pelaksanaan perbaikan jalan tersebut.

"Kalau cuaca mendukung kita usahakan fungsional menjelang puasa dan lebaran nanti," kata Kepala UPT Wilayah IV , Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (PUPRPKPP) Provinsi Riau, Lutfi Hardi, Rabu, 21 Februari 2024.

Pria yang akrab disapa Ucok itu mengatakan pihaknya telah mengerahkan alat berat di tiga titik, yakni di Pangkalan Kasai Kuala Cenaku serta Air Molek. Akan tetapi, intesitas hujan yang amsih terjadi di sejumlah wilayah masih menjadi kendala tersendiri.


Selain itu, banjir akibar pasang surut masih merendam beberapa ruas jalan lintas tersebut, seperti di Kuala Cenaku Sungai Raya Indragiri Hulu (Inhu). Begitu pula di alan lintas Kempas Jaya Indragiri Hilir (Inhil).

"Kita tak bisa tentukan, karena selain masalah hujan, banjir juga," ujar Lutfi.

Di sisi lain, kata Lutfi, angkutan bermuatan melebihi tonase yang melintas di ruas jalan lintas Rengat-Tembilahan juga masih menjadi masalah. Menurutnya, kondisi jalan rawa tidak memungkinkan untuk dilewati angkutan seberat hingga 40 ton, dalam jumlah banyak setiap harinya.

Untuk mengatasi truk over dimension over loading (odol) melintas di jalan tersebut, pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan dan Kepolisian.

"Memang truk odol jadi masalah. Bicara kewenangan bukan kita. Tapi kami sudah berkoordinasi dengan pihak terkait. Kami pun berharap masalah ini ada solusi ke depan," tandasnya.