Banjir Masih Ancam Riau, Hujan Bakal Guyur Lagi

Banjir-di-HR-Soebrantas-usai-hujan1.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang masih berpotensi mengguyur Riau hari ini, Kamis 25 Januari 2024. 

Forecaster On Duty BMKG Stasiun Pekanbaru, Mia V, mengatakan hujan sudah mengguyur Riau sejak pagi dan akan berlangsung hingga malam hari.

"Hujan bersifat tidak merata, hanya terjadi di beberapa daerah di Riau saja, ujar Mia.

Ia menjelaskan, pagi hari hujan dengan intensitas ringan hingga sedang diprakirakan terjadi di sebagian wilayah Kampar, Pelalawan, Rokan hulu, Kuantan Singingi, dan Kota Pekanbaru.

Disusul siang hari di wilayah Kampar, Rokan Hulu, Rokan Hilir, Indragiri Hilir, Pelalawan, Bengkalis, Siak, Kepulauan Meranti, dan Kota Dumai. 

Sedangkan, sore hingga malam hari berpotensi terjadi di sebagian wilayah Kampar, Kuantan Singingi, Indragiri Hulu, dan Indragiri Hilir.


"Untuk dini hari udara kabur - berawan," tukasnya. 

Lanjut Mia, BMKG mengeluarkan peringatan waspada hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang.

"Berpotensi terjadi di sebagian wilayah Kampar, Pelalawan, Rokan Hulu, Bengkalis, Siak, Kuantan Singingi dan Indragiri Hulu," pungkasnya.

Sementara itu, sejumlah daerah di Riau telah digenangi banjir. Banjir juga terjadi di Kota Pekanbaru pasca hujan yang mengguyur sejak Selasa, 23 Januari 2024, malam.

Satu lokasi yang cukup parah di Jalan Kamboja. Banjir menggenangi pemukiman di kawasan itu akibat turap aliran Sungai Sail jebol.

Ada sekitar sepuluh Kepala Keluarga (KK) terdampak jebolnya turap tersebut. Warga di kawasan tersebut tidak sempat menyelamatkan barang berharga di rumah lantaran derasnya air yang masuk tiba-tiba.

Air dari aliran Sungai Sail pun menggenang hingga bagian dalam rumah. Banyak dari warga masih bertahan di lokasi karena banjir belum surut.

Banjir juga menggenangi sejumlah pemukiman warga di Kecamatan Tuah Madani. Perumahan yang terdampak banjir di antaranya Taman Cipta City, Perumahan Satitri Asri, Perumahan An Najim dan Mutiara Purwodadi