Kumpulkan Personel, Kapolresta Pekanbaru Ingatkan Jaga Netralitas dan Kamtibmas di TPS

Personel-Polresta-Pekanbaru1.jpg
(DEFRI CANDRA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kapolresta Pekanbaru, Kombes Pol Jeki Rahmat Mustika mengumpulkan seluruh personel di lantai 4 Ballroom Menara Dang Merdu Bank Riau Kepri Syariah, Selasa, 23 Januari 2024.

Seluruh personel diingatkan untuk menjaga netralitas baik sebelum, saat dan setelah pencoblosan surat suara.

Kombes Jeki juga mengajak seluruh personel untuk tetap menjaga keamanan dan ketertiban saat pencoblosan. Jika ada hal-hal yang mencurigakan atau kericuhan, harap berkoordinasi dengan petugas KPPU dan Panitia terkait.

"Personel yang bertugas di tiap TPS sudah tahu apa yang akan dilakukan dan tidak boleh dilakukan, serta berkoordinasi dengan petugas KPPS," katanya.

"Minimal saat di sana mereka sudah menguasai situasi sehingga apabila terjadi suatu hal yang tidak diinginkan sudah tahu apa yang harus dilakukan," tegas Kombes Jeki kepada seluruh Anggota.


Lanjut Kombes Jeki, sebanyak 710 personel kepolisian telah disiapkan untuk pengamanan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di wilayah Kota Pekanbaru pada Pemilu mendatang.

Ratusan personel Polresta Pekanbaru ini akan dikerahkan untuk mengamankan jalannya pesta demokrasi di 2.756 TPS di Pekanbaru.

“Kami mengumpulkan personel, memberikan arahan dalam hal pengamanan TPS Pemilu agar berjalan lancar,” terangnya.

Selain 710 personel dari Polresta Pekanbaru, disebutkan Jeki pihaknya juga akan meminta bantuan tambahan dari Polda Riau. Personel TNI pun akan turut dilibatkan untuk pengamanan Pemilu 14 Februari mendatang.

Adapun teknis pengamanan, lanjut Kapolresta, satu personel kepolisian akan ditempatkan di beberapa TPS. 

“TPS yang rawan disitu ada dua polisi dan satu linmas. Untuk situasi yang aman ada 4-5 TPS dijaga satu Polri,” pungkasnya.

Kapolresta mengajak seluruh masyarakat untuk  bersama-sama dalam menjaga agar Pemilu di Pekanbaru dapat berjalan dengan lancar, aman dan tertib tanpa adanya gangguan apapun.