Pantau Aktivitas Juru Parkir di Pekanbaru, Sejumlah Titik Sudah Dipasang CCTV

Kepala-UPT-Perparkiran.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Aktivitas juru parkir di Kota Pekanbaru kini terpantau CCTV atau kamera pengawas. Adanya CCTV ini untuk mengoptimalkan pengawasan selama 24 jam. 

Puluhan CCTV sudah aktif untuk memantau aktivitas parkir sejak akhir Desember 2023 lalu. Petugas dari UPT Perparkiran Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru memantau aktivitas dari kantor.

"Sejak CCTV ini diaktifkan, kami dari kantor juga bisa memantau aktivitas juru parkir," ujar Kepala UPT Perparkiran Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru, Radinal Munandar, Rabu 17 Januari 2024.

Ia menilai adanya CCTV tentu sangat membantu petugas dalam melakukan pengawasan di titik parkir. Namun ia tetap memastikan ada tim yang rutin melakukan pengawasan secara langsung di lapangan. 

Radinal mengatakan bahwa CCTV juga bisa memantau tindak kejahatan seperti jambret, copet dan lainnya. Pihaknya juga terus menindaklanjuti pengaduan masyarakat atas ketidaknyamanan dalam pelayanan parkir.


"Di saat kendaraan hilang, helm hilang, dengan CCTV kita bisa memantau langsung. Jika ditemukan memang jukir tidak menggunakan atribut dan lain-lain, pasti langsung kami berikan peringatan," tegasnya.

Radinal mengatakan bahwa untuk tahap awal ada 20 titik prioritas CCTV tersebut di titik parkir yang ramai kendaraan. Ada rencana secara bertahap bisa bertambah hingga 400 titik. 

CCTV nantinya bergerak dengan kontrol yang ada. Kamera bisa digerakkan ke atas, kiri, kanan dan bawah. Adanya CCTV ini juga membantu merekam situasi di lokasi parkir. 

Radinal menilai upaya meningkatkan pengawasan ini seusai rekomendasi dari Ombudsman Riau. Pihaknya juga sudah memberikan buku saku kepada para juru parkir.

"Penekanan dari Ombudsman, pelayanan juga harus ditingkatkan dengan menambah pengawasan lewat CCTV di titik keramaian yang padat," tutupnya.