Wujudkan Pesta Demokrasi Aman dan Damai, Polres Dumai Kawal Logistik Pemilu

Wakapolres-Dumai-kawal-surat-suara.jpg
(DEFRI CANDRA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, DUMAI - Kapolres Dumai AKBP Dhovan Oktavianton dan Wakapolres, Kompol Josina Lambiombir meninjau penyortiran dan pelipatan surat suara di Gudang Logistik KPU Kota Dumai Jalan Abdul Rabkhan, Kelurahan Bukit Timah, Kecamatan Dumai Selatan, Selasa, 16 Januari 2024.

Selain jajaran Polres, Forkopimda Dumai juga ikut menyaksikan pelipatan surat suara tersebut.

Ketua KPU Kota Dumai, Darwis, mengatakan bahwa proses sortir dan lipat surat suara adalah salah satu tahapan penting dalam Pemilu 2024, karena proses ini akan memisahkan surat suara yang layak dan tidak layak untuk di lipat.

“Ada 5 jenis surat suara untuk Pemilu 2024 dalam gudang ini, pada pelaksanaannya nanti setiap pergantian shift akan diperiksa barang bawaan," terangnya.

"Ketika akan memasuki tempat sortir lipat dan jangan sampai ada kesalahan dalam proses bekerja, diharapkan pekerjaan ini dengan dapat selesai dengan sebaik-baiknya sesuai waktu yang telah ditentukan," tandasnya.


Hal sama disampaikan oleh Sekretaris Daerah Pemerintah Kota Dumai, Indra Gunawan, bahwa pada saat dilipat, para petugas diminta untuk bekerja dengan sangat teliti dan hati-hati, sesuaikan dengan garis yang telah disediakan.

"Semoga proses sorot lipat surat suara ini berjalan dengan baik dan sesuai jadwal yang telah ditetapkan," harapnya.

Di tempat yang sama, Wakapolres Dumai Kompol Josina mengatakan kegiatan ini dilakukan guna menjaga situasi Kamtibmas yang kondusif dan mendukung keamanan dan kelancaran pelaksanaan Pemilu 2024.

”Pengamanan memang sudah dilakukan sejak sebelumnya, para personel yang tergabung dalam Operasi Mantap Brata Lancang Kuning 2023-2024 Polres Dumai melaksanakan pengamanan di Gudang Logistik KPU Kota Dumai dan kantor penyelenggara Pemilu lainnya seperti Kantor KPU Kota Dumai dan Kantor Bawaslu Kota Dumai," ujar Kompol Josina.

Wakapolres Dumai juga menekankan kepada seluruh personelnya yang melaksanakan tugas pengamanan agar senantiasa waspada dan siaga dalam melaksanakan tugas, demi mewujudkan situasi Kamtibmas yang kondusif dalam masa Pemilu 2024.

Pantauan di lapangan, sebagai wujud komitmen Polri dalam menjaga, mengawal dan mengamankan seluruh tahapan Pemilu 2024.

Polres Dumai sebelumnya juga telah melakukan pengamanan dan pengawalan pergeseran logistik Pemilu 2024 dari Pelabuhan Pelindo Perawang Kabupaten Siak ke Gudang Logistik KPU Kota Dumai.