Segera Lelang, SDN 83 Pekanbaru Bakal Dibangun Pasca Terbakar

Kondisi-SDN-83-pasca-terbakar.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Perbaikan dan pembangunan kembali SDN 83 Pekanbaru yang terbakar direncanakan dalam waktu dekat ini. Proses awal dilakukan lelang agar pembangunan bisa segera dilakukan.

Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru memasang target agar sekolah itu bisa ditempati tahun ini juga. Sebagian gedung bakal dibangun ulang agar bisa ditempati jelang tahun ajaran 2024/2025.

"Awal tahun ini kita sudah persiapkan proses lelangnya. Karena pembangunan SDN yang terbakar ini masuk prioritas," kata Kepala Disdik Kota Pekanbaru Abdul Jamal, Minggu 14 Januari 2024.

Pihaknya menggesa agar lelang bisa segera dilakukan dan rampung pada Januari ini. Selanjutnya, di bulan Februari 2024 pekerjaan pembangunan sudah bisa dimulai, sehingga pada Juli 2024, sekolah tersebut sudah bisa digunakan. 

"Itu anggarannya tidak ada masalah, DPA-nya juga sudah jadi. Kita akan segera bangun lagi," jelasnya. 


Nilai anggaran untuk perbaikan dan pembangunan kembali gedung sekolah ini berkisar Rp 1,8 miliar. Disdik Kota Pekanbaru sudah menyelesaikan rencana kerja anggaran (RKA).

"Kita sudah selesai untuk rencana kerja anggaran (RKA) tahun 2024. Insha Allah tahun ini sudah kita masukkan. Jadi ada sekitar Rp 1,8 miliar terutama untuk SD yang terbakar SDN 83," sebut Jamal.

Ada dua gedung pada sekolah tersebut yang terbakar. Sebanyak 8 kelas dan 1 aula yang rusak akibat kebakaran yang melahap SDN 83 pada 17 Oktober 2023 lalu.

Jamal menyampaikan, sesuai arahan Pj Wali Kota Pekanbaru per 2 Januari 2024, anggaran Pemko Pekanbaru sudah boleh digunakan. Pihaknya tak ingin menunggu lama dan menyegerakan agar proses perbaikan sekolah tersebut.

"Per tanggal 2 kemarin sebenarnya sudah boleh menggunakan anggaran. Makanya jauh-jauh hari kita sudah memulai, kita mulai dari DED (Detail Engineering Design), paling di bulan Maret sudah mulai kerja," pungkasnya.