Diterjang Banjir, Jembatan Gantung di Kuansing Rusak Berat

suhardiman-amby26.jpg
(Riau Online/Robby Susanto)

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN-Jembatan gantung yang menghubungkan tiga desa di Kecamatan Kuantan Mudik, Kabupaten Kuansing, Riau mengalami kerusakan cukup berat setelah diterjang banjir pada, Rabu, 3 Januari 2024 lalu.

Kini jembatan gantung yang menjadi urat nadi perekonomian masyarakat tersebut ditutup sementara sampai ada perbaikan dari pemerintah pusat. Kondisinya mengalami kerusakan yang cukup berat sehingga tidak bisa dilalui lagi.

Jembatan gantung tersebut membentang diatas Sungai Batang Kuantan menghubungkan antara desa Bukit Kauman dan Pebaun Hulu. Jembatan ini juga menjadi akses penting bagi masyarakat sekitar.

Disela-sela peninjauan yang dilakukan Bupati Kuansing, Suhardiman Amby, Minggu, 7 Januari 2024, dia berharap jembatan gantung tersebut bisa secepatnya diperbaiki pemerintah pusat. Jembatan yang selesai dibangun tahun 2019 silam kini mengalami rusak berat setelah dihantam banjir luapan sungai batang kuantan.

"Kita berharap pemerintah pusat bisa melakukan percepatan perbaikan atau pembangunan kembali jembatan ini," harap Suhardiman Amby saat meninjau jembatan gantung tersebut, Minggu.

Pemkab kata Bupati, akan berkoordinasi dengan Balai Jembatan dan Jalan Provinsi Riau. Apabila nanti air sudah surut supaya bisa secepatnya dilakukan perbaikan. "Kalau bisa nanti perbaikan jembatan ini di naikan dari desain awalnya, supaya ketika debit air tinggi jembatan ini tidak terkena hantaman arus sungai kuantan," katanya.