Peringatan Cuaca Ekstrem! Malam Pergantian Tahun Bakal Diguyur Hujan Lebat

Cuaca-Ekstrem.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini terkait cuaca ekstrem di malam pergantian tahun. Hujan sedang hingga lebat diramalkan akan mengguyur sejumlah wilayah di Tanah Air.

Riau, Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Lampung, Bangka Belitung, Jambi, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Barat, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Papua Barat, dan Papua, akan diguyur hujan selama 31 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengimbau masyarakat mewaspadai dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem, seperti hujan lebat disertai kilat atau petir, hujan es, angin puting beliung, dan sebagainya.

Dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin selama periode tersebut," kata Dwikorita dalam keterangan resmi yang dilansir RIAU ONLINE, Minggu 31 Desember 2023.

BMKG juga memprakirakan hujan sedang hingga lebat pada 3 sampai 6 Januari 2024 di Riau, Sumatera Barat, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Aceh, Lampung, Bangka Belitung, Jambi, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.


Dwikorita menjelaskan cuaca ekstrem yang melanda sejumlah wilayah Indonesia pada 31 Desember 2023 hingga 6 Januari 2024 dipicu fenomena dinamika atmosfer. Ada aktivitas Monsun Asia Musim Dingin yang diasosiasikan dengan musin angin baratan.

Ditambah lagi, adanya aktivitas Madden Julian Oscillation (MNO) turut memperkuat fenomena ini.

Menurut Dwikorita, kondisi ini berpotensi meningkatkan pertumbuhan awan hujan di sebagian besar wilayah Indonesia.

Ia pun mengingatkan masyarakat untuk senantiasa mengikuti perkembangan cuaca, karena kondisi cuaca sangat dinamis dan dapat mengalami perubahan dengan cepat.

Khusu untuk pemudik maupun wisatawan yan tengah berlibur, ia berpesan agar selalu berhati-hati dan mengutamakan keselamatan. Ia mengimbau masyarakat untuk memeriksa prakiraan cuaca sebelum melakukan perjalanan dan memastikan kendaraan dalan kondisi prima.

"Selalu berhati-hati saat berkendara, terutama saat hujan lebat dan angin kencang," kata dia.