Pekanbaru hingga Denpasar Bakal Diguyur Hujan di Hari Natal

Hujan38.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Hujan diprediksi akan mengguyur sebagian besar ibu kota di Indonesia di Hari Natal, Senin 25 Desember 2023.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaika bahwa hujan dengan intensitas lebat dan potensi panas terik masih dapat terjadi di sebagian wilayah Indonesia selama periode Natal dan Tahun Baru.

"Sirkulasi angin di Laut Cina Selatan masih menghambat aliran massa udara basah dari Asia ke wilayah Indonesia, sehingga potensi hujan lebat masih terkonsentrasi di wilayah Sumatera dan Kalimantan Barat," kata Deputi bidang Meteorologi BMKG Guswanto.



BMKG dalam laman resminya mengungkap pada siang hari hujan diprakirakan mengguyur wilayah Kota Pekanbaru, Padang, Jambi, Surabaya, Pontianak, Palangkaraya, Mataram, Manokwari, Mamuju, Makassar, Serang, dan Denpasar.

Hujan disertai petir juga diprakirakan terjadi pada siang hari di Jakarta, wilayah Banda Aceh, dan Tanjung Pinang, serta Jambi dan Samarinda pada malam hari.

Hujan sedang dengan kelembaban rata-rata 65-95 juga akan mengguyur wilayah Bandung dan Banjarmasin.

Sementara, wilayah Jakarta Pusat dan Samarinda diprediksi berawan tebal pada siang hari ini, sedangkan Gorontalo, Semarang, Ternate, Kota Jayapura, Kendari, dan Palembang akan diselimuti cuaca berawan.

BMKG memprediksi Wilayah Tarakan dan Manado cerah pada siang hari ini, di sisi lain juga cerah berawan pada wilayah Bengkulu, Yogyakarta, Bandar Lampung, Ambon, Kupang, dan Medan.

Guswanto menyebutkan adanya fase kering Madden Jullian Oscillation (MJO) di sebagian wilayah Indonesia, sehingga turut memicu kurangnya tutupan awan pada siang hari, mengakibatkan pada siang hari kondisi cukup panas dan terik dengan kisaran suhu dapat mencapai 35-37 derajat Celcius.

"Kondisi suhu terik pada siang hari ini diprediksi masih dapat terjadi hingga tiga hari ke depan di sebagian wilayah Jawa-Nusa Tenggara," tuturnya.(ANTARA)