22 Pengunjung Hiburan Malam di Dumai Positif Narkoba

Ilustrasi-BNN-Riau.jpg
(Dok. ANTARA.)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Puluhan pengunjung tempat hiburan malam J-Mex di Kota Dumai terjaring Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Riau. Sebenyak 22 pengunjung terdeteksi positif menggunakan narkoba setelah tes urine.

"Seluruh pengunjung yang positif menggunakan narkoba dilakukan asesmen dan dibawa ke Kantor BNNP Riau Jalan Pepaya, Pekanbaru," kata Kepala Bidang Pemberantasan Pemberantasan dan Intelijen BNNP Riau Kombes Pol C P Sinaga, SIK MH, kepada media di Pekanbaru, Senin 25 Desember 2023.

Sinaga menjelaskan tes urine dilakukan terhadap pengunjung pada Sabtu 24 Desember lalu. Dari 68 pengunjung J-Mex yang melakukan tes urine, 22 pengunjung terdeteksi menggunakan narkoba.

Seluruh pengunjung yang positif menggunakan narkoba diwajibakan melaksanakan rawat jalan di Klinik Pratama BNN Kota Dumai.


Ia menyebutkan kegiatan tes urin tersebut merupakan upaya BNNP Riau untuk melaksanakan kegiatan pengawasan pada kawasan rawan narkotika berkaitan dengan upaya pengamanan Natal 2023 pada tempat hiburan malam.

"Karena itu untuk menanggulangi tindak pidana narkotika, BNN mengutamakan bidang pencegahan," katanya.

BNN, kata dia, melakukan pencegahan di semua lingkungan, baik instansi pemerintah, masyarakat, keluarga atau organisasi. Hampir semua lingkungan tersebut sudah diberi pelatihan tentang bahaya narkotika.

Sinaga berharap BNNP Riau mampu menciptakan lingkungan kerja yang bersih dari narkoba.

"BNNP Riau serius melakukan upaya pencegahan karena penggunaan narkoba secara ilegal dapat menyebabkan kerusakan pada organ tubuh dan sistem syaraf pusat, serta meningkatkan risiko gangguan mental," katanya.

Selain itu, Sinaga menambahkan, penyalahgunaan narkoba juga memiliki dampak sosial yang luas, termasuk gangguan hubungan pribadi, kehilangan pekerjaan, kesulitan keuangan dan keterlibatan dalam kejahatan.(ANTARA)