Sejumlah Sungai di Kuansing Meluap, Ratusan Rumah Terendam Banjir

Banjir7.jpg
(Riau Online/Robby Susanto)

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN-Ratusan rumah di Kabupaten Kuansing, Provinsi Riau terendam banjir akibat meluapnya sejumlah sungai di sejumlah kecamatan.


Tingginya curah hujan beberapa hari ini membuat sejumlah sungai di Kuansing meluap seperti sungai Kuantan, sungai Singingi, sungai Petapahan dan sungai kecil lainnya.

Data yang berhasil dihimpun dari Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kuansing disejumlah daerah di Kuansing yang terendam banjir di antaranya di daerah Kuantan Mudik di desa Air Buluh ada 25 Kepala Keluarga (KK) terdampak banjir.

Kemudian di Logas Hilir ada 50 rumah terendam banjir, Kelurahan Muara Lembu 94 rumah, Kebun Lado 50 rumah, Mudik Ulo 7 rumah dan satu musholla. Desa Tebing Tinggi 26 rumah.

"Kita sudah turun melakukan evakuasi terhadap korban yang terdampak banjir," ujar Kepala BPBD Kuansing, Andrizul dihubungi, Senin, 18 Desember 2023.

Ketinggian air kata Andrizul mulai 70 cm - 1 meter. Didaerah Petapahan Gunung Toar 180 rumah, 3 musholla, satu SMP dan satu SMA ikut terendam banjir akibat meluapnya sungai Petapahan.

Andrizul menghimbau warga yang berada dekat dengan aliran Sungai Kuantan untuk selalu waspada dan siaga. "Karena siang tadi air sungai kuantan terpantau masih naik," katanya.

Ditambah curah hujan terjadi hampir semalam suntuk pada Minggu malam hingga Senin pagi tadi. Curah hujan masih terus terjadi pada Senin siang tadi.