Riau Bakal Diguyur Hujan Disertai Petir dan Angin Kencang Lagi Hari Ini

Hujan63.jpg
(Shutterstock)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Hujan dengan intensitas lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang berpotensi terjadi di Riau pada Minggu, 17 Desember 2023.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan bahwa hujan telah mengguyur Riau sejak pagi dan diperkirakan akan berlangsung hingga dini hari.

Forcaster on Duty BMKG Stasiun Pekanbaru, Bibin Sulianto, mengatakan hujan bersifat tidak merata dan hanya terjadi di sebagian wilayah Riau.

"Pada pagi hari potensi hujan dengan intensitas ringan terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Rokan Hulu, Kampar, Kepulauan Meranti, Bengkalis, Siak, dan Pelalawan," katanya.

Sedangkan pada siang hingga sore hari, hujan dengan intensitas ringan hingga sedang berpotensi mengguyur Kabupaten Rokan Hilir, Kota Dumai, Bengkalis, Rokan Hulu, Kampar, Kota Pekanbaru, Siak, Pelalawan, Indragiri Hulu, Indragiri Hilir, dan Kuantan Singingi.


Kemudian sore hingga malam hari, sebagian besar wilayah Riau diperkirakan diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga sedang.

"Pada dini hari, potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang diperkirakan akan terjadi di sebagian besar wilayah Provinsi Riau," ucapnya.

Bibin mengatakan BMKG telah mengeluarkan peringatan dini untuk mewaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir hingga angin kencang.

"Peringatan dini berlaku untuk sebagian wilayah Kabupaten Rokan Hulu, Pelalawan, Indragiri Hulu, Kuantan Singingi, Rokan Hilir, Bengkalis, Kampar, dan Siak pada siang, sore, malam, dan dini hari," lanjutnya.

Sementara suhu udara di Riau hari ini sekitar 22.0–32.0 derajat celcius dengan kelembaban udara 60-90 persen. Sementara itu, arah angin berhembus dari Barat ke Utara dengan kecepatan 10-30 km per jam.

Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.01–0.50 meter, yang menandakan kondisi laut yang tenang