Jelang Akhir Pekan, Riau Masih Bakal Diguyur Hujan

Ilustrasi-hujan6.jpg
(Foto: Istimewa via kumparan)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Jelang akhir pekan, hujan dengan intensitas ringan hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang masih berpotensi mengguyur Riau, Jumat 15 Desember 2024. 

Forecaster on Duty Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru, Yasir Prayuna, mengatakan hujan sudah mengguyur Riau sejak pagi dan akan berlangsung hingga dini hari.

"Hujan bersifat tidak merata hanya terjadi di sebagian wilayah Riau saja," ujar Yasir Prayuna.

Ia menjelaskan,  pagi hari potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Rokan Hilir.

Disusul siang hari potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Kampar, Rokan Hulu dan juga Kabupaten Kuantan Singingi.


Sedangkan, sore hingga malam hari potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian besar wilayah Provinsi Riau.

"Dini hari potensi hujan terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Rokan Hilir, Bengkalis, Rokan Hulu, Siak, Kampar, Pelalawan, Kuantan Singingi dan Kota Dumai," sebutnya.

Lanjut Yasir, BMKG mengeluarkan peringatan dini untuk mewaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang.

"Potensi tersebut terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Rokan Hulu, Rokan Hilir, Kampar, Bengkalis, Siak, Kuantan Singingi, Pelalawan, Indragiri Hulu, Kota Pekanbaru dan Kota Dumai pada siang, sore, malam atau dini hari," ungkapnya.

Sementara, suhu udara Riau hari ini berada di angka 22.0–33.0 derajat celcius dengan kelembaban udara 60–99 persen. Sementara arah angin berhembus ke Barat-Utara dengan kecepatan 10-30 km per jam.

Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.50 – 1.25 meter