3 Nama Calon Pj Gubernur Riau Ini Sudah Diusulkan ke Kemendagri

Ilustrasi-gubernur.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Wakil Ketua DPRD Provinsi Riau, Syafaruddin Poti, mengatakan usulan nama-nama calon Penjabat (Pj) Gubernur Riau sudah disampaikan kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Saat ini, nama Pj yang akan dipilih untuk sisa masa jabatan Gubernur Riau 2019-2024, tinggal menunggu keputusan Presiden Joko Widodo.

"Proses Pj Gubri sudah selesai di DPRD Riau. Pembahasan sudah dilakukan oleh pimpinan dengan mengundang ketua-ketua fraksi. Para ketua fraksi menyampaikan masukan dan saran siapa yang ingin direkomendasikan," ujarnya, Jumat, 15 Desember 2023.

Ketiga nama yang diusulkan kepada Kemendagri tersebut diantaranya Rektor Unri Sri Indarti, Rektor UIN Suska Khairunnas Rajab, dan Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau SF Hariyanto.


"Kita sudah sesuai dengan aturan DPRD, sudah menyerahkan (usulan calon Pj Gubri ke Kemendagri. Lalu, Kemendagri mengajukan kepada presiden. Karena gubernur ini kewenangan presiden. Ya kita tunggu ajalah," jelasnya.

Pemutusan calon Pj Gubernur Riau harus sudah keluar begitu Gubernur Riau definitif menunaikan masa jabatannya pada 31 Desember 2023 mendatang.