13 Pengungsi Rohingya dari Bangladesh Cuma Ikut Perintah ke Pekanbaru, Tanpa Identitas

Pengungsi-rohingya-di-sudirman5.jpg
(RAHMADI DWI PUTRA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Sebanyak 13 orang pengungsi Rohingya diamankan Polresta Kota Pekanbaru, Kamis, 14 Desember 2023. Mereka kini ditempatkan di penampungan sementara, Rumah Detensi Imigrasi Pekanbaru, Bukit Raya.

Kepala Satuan Samapta Polresta Pekanbaru Kompol Maryanta mengatakan tidak satu pun dari pengungsi yang terdiri atas enam pria dewasa, lima wanita dan satu balita itu yang mampu berbahasa Indonesia maupun Inggris, sehingga sulit untuk menginterogasi mereka.

Namun, dengan bahasa Inggris yang terbata-bata, mereka menyebut berangkat dari Bangladesh. Mereka mengaku hanya mengikuti perintah orang hingga sampai di Pekanbaru.

"Mereka mengaku tidak tahu siapa yang membawanya ke Pekanbaru dan tidak tahu juga akan berbuat apa di daerah ini. Mereka mengaku hanya mengikuti perintah orang hingga akhirnya sampai di Pekanbaru," katanya, Jumat, 15 Desember 2023.


Setibanya di Kota Pekanbaru pada Rabu, 13 Desember malam, mereka tidur di jalanan. Tidak ada dari mereka yang memiliki identitas dan hanya membawa tas berisikan pakaian.

"Mereka lebih banyak menjawab tidak tahu saat ditanya soal biaya dan alat transportasi yang digunakan ke Pekanbaru," tambah Maryanta.

Belasan pengungsi Rohingya ini sebelumnya ditemukan terlantar di Jalan Jenderal Sudirman, Kota Pekanbaru, tepatnya di depan Konsulat Malaysia. Para pengungsi ini diamankan setelah Polresta Pekanbaru menerima laporan dari masyarakat.

“Hasil koordinasi kita bawa dulu ke Kantor Imigrasi, kita berikan makan,” katanya.(ANTARA)