Catat, Janji-janji Anies saat Kampanye di Kota Pekanbaru

Anies-di-kampung-bata6.jpg
(RAHMADI DWI PUTRA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Calon presiden (capres) nomor urut 1, Anies Baswedan, berkunjung ke Kota Pekanbaru, dalam rangka kampanye Pilpres 2024, Rabu, 13 Desember 2023.

Dalam agenda kampanye itu, Anies mendatangi kawasan Kampung Bata, di Jalan Budi Agung, Kelurahan Sail, Kecamatan Tenayan Raya, Kota Pekanbaru.

Anies memaparkan janji-janji politiknya jika terpilih di Pilpres 2024. Di antaranya memberikan bantuan sosial yang disebutnya Bansos Plus Amin hingga program perumahaan.

Anies menjelaskan Bansos Plus Amin berbeda dengan bantuan sosial yang diberikan pemerintah selama ini.

Anies menyebut ada tiga kelebihan Bansos Plus Amin, yakni manfaatnya ditambah, calon penerimanya dirapikan, dan layanannya juga ditambah.

"Jadi bukan dihentikan, ada tambahan, mudah-mudahan dalam jangka pendek bisa mencukupi kebutuhan bapak-bapak di sini," kata Anies Baswedan usai meninjau pembuatan bata di Jalan Budi Luhur, Pekanbaru, Rabu, 13 Desember 2023.


Namun, kata Anies, Bansos Plus Amin bisa dilaksanakan jika ada kewenangan yang bisa diperolehnya jika terpilih sebagai Presiden RI.

Selain itu, Anies juga bakal menerapkan program perumahan yang sebelumnya sudah dilakukan di Jakarta saat dirinya masih menjabat Gubernur DKI Jakarta.

"Kita akan lanjutkan program dahulu yang bagus, serta memberikan bansos plus dan memajukan kampung tanpa menggusurnya," ujar Anies.

Program perumahan ini disampaikan Anies setelah mendengar keluhan warga Kampung Bata yang meminta Anies kawasan itu agar lebih bersih dan nyaman.

"Pak Anies, bisa bapak lihat kondisi kampung kami, jika hujan jalanan licin, air kuning, bahkan seragam sekolah anak anak kami,ikut kuning setelah dicuci," ujar salah seorang warga berdiskusi dengan Anies.

"Jika bapak menjadi presiden nanti, tolong ubah kampung kami menjadi kampung bersih Pak Anies," harapnya.

Selain memaparkan janji-janji politiknya, Anies juga meminta masyarakat untuk membuat koperasi. Menurutnya, koperasi dapat mempermudah warga dalam mendapatkan bantuan alat dan dana berusaha.

"Koperasi banyak manfaat, mendapatkan keuntungan," sebutnya.