Objek Wisata Tobek Paboun di Kuansing Raih Juara 2 Desa Wisata Tingkat Provinsi Riau

Azhar-Disbudpar-Kuansing.jpg
(Riau Online/Robby Susanto)

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN- Objek wisata Tobek Paboun, di Desa Pebaun Hilir, Kecamatan Kuantan Mudik, Kabupaten Kuansing meraih juara 2 pada ajang apresiasi desa Wisata Indonesia se-Provinsi Riau tahun 2023.


Objek wisata ini menjadi favorit di Kabupaten Kuansing. Dengan memanfaatkan lahan persawahan objek wisata ini banyak dikunjungi wisatawan lokal baik di Kuansing maupun Provinsi Riau.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kuansing, Azhar mengatakan objek wisata Tobek Paboun meraih juara 2 setelah Kabupaten Bengkalis. Tentunya ini menjadi kebanggan bagi masyarakat Kuansing.

"Atas prestasi tersebut objek wisata ini berhak mendapatkan hadiah sebesar Rp 15 juta ditambah tropi," ujar Azhar, Rabu, 6 Desember 2023 kemarin.

Dengan prestasi tersebut objek wisata Tobek Paboun dijadikan pilot projek Desa Wisata oleh Dinas Pariwisata Provinsi Riau. Pengumuman pemenang ini dilaksanakan di Riau Garden Pekanbaru, 2 Desember 2023.

Acara tersebut langsung dihadiri Gubernur Riau yang diwakiki oleh Kadis Kebudayaan, Datuk Yoserizal Zein.

Azhar menambahkan penganugerahan ini menjadi tantangan oleh Desa Wisata Paboun dengan Objek Tobek Paboun dan desa wisata lainnya yang ada di Kuansing.

Dia berharap agar desa wisata di Kuansing untuk lebih giat lagi melakukan pembenahan dan inovasi dalam memajukan desa wisata di Kuansing, sehingga kedepan Kabupaten Kuansing menjadi pilihan masyarakat Riau untuk berwisata.

"Ini tentu bukan pekerjaan yang mudah tapi dengan tekad dan keyakinan serta semangat kebersamaan kami yakin harapan ini bisa diwujudkan," katanya.