Diusulkan Tokoh Masyarakat, Mardianto Manan Sebut Rektor Tak Penuhi Syarat Jadi Pj Gubri

mardiantomanan1.jpg
(Bagus Pribadi/RIAUONLINE.CO.ID)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Nama Rektor Universitas Riau (Unri) dan Rektor Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska) diusulkan oleh sejumlah tokoh masyarakat sebagai calon Penjabat (Pj) Gubernur Riau. 

Nama-nama tersebut dinilai memenuhi sejumlah norma dan administrasi yang diharapkan oleh tokoh masyarakat untuk menjadi Pj Gubernur Riau sisa masa jabatan 2019-2024.

Akan tetapi, Anggota Komisi I DPRD Provinsi Riau Mardianto Manan, mengatakan bahwa kedua nama tersebut sebenarnya tidak memenuhi syarat berdasarkan Permendagri Nomor 4 Tahun 2003 tentang Penjabat Gubernur, Penjabat Bupati, dan Penjabat Wali Kota.

"Kalau kita melihat Permendagri Nomor 4 Tahun 2003 pada bagian kedua, pasal 3, Pj Gubernur harus yang memiliki pengalaman dalam penyelenggaraan pemerintahan dan dibuktikan dengan riwayat jabatan," ujarnya, Selasa, 5 Desember 2023.

Menurutnya, kedua rektor tersebut tidak memiliki pengalaman dalam penyelenggaraan pemerintahan. Sehingga, apabila salah satu persyaratan dalam aturan negara tidak terpenuhi, maka otomatis yang bersangkutan akan gugur.

"Berarti tinggallah nama yang lain nanti yang akan dipilih," paparnya. 


Seperti diberitakan sebelumnya, sejumlah nama calon-calon Pj Gubernur Riau sudah diusulkan kepada DPRD Provinsi Riau.

Diantaranya dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) Riau menyampaikan tiga usulan nama calon Pj Gubernur Riau (Gubri) kepada DPRD Provinsi Riau, Jumat, 1 Desember 2023.

Meski tidak menyebutkan nama yang dimaksud, ada tiga calon Pj Gubernur Riau yang diusulkan oleh MUI Riau. Di antaranya Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Riau, Rektor UIN Suska dan Rektor Unri.

Kemudian, tiga nama calon Pj Gubernur Riau yang diusulkan oleh Forum Komunikasi Pemuka Masyarakat Riau (FKPMR) kepada Komisi I DPRD Riau, Kamis, 30 November 2023. Diantaranya:

1. Suhajar Diantoro (Sekretaris Jenderal Kemendagri).

2. Erwin Dimas (Deputi Bidang Pemantauan, Evaluasi dan Pengendalian Pembangunan Bappenas RI).

3. Sri Indarti (Rektor Universitas Riau).