Sepanjang 2023, Ada 359 Kasus HIV di Kota Pekanbaru

Ilustrasi-HIV.jpg
(Liputan6.com)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru mendata kasus HIV di tahun 2023 mencapai 359 kasus. Kondisi kasus HIV di kota ini pun mengalami peningkatan dibanding tahun 2022.

Ada peningkatan 104 kasus dibanding tahun lalu, yang jumlahnya sebanyak 255 kasus. Kondisi menjadi perhatian sehingga harus ada upaya menekan penularan kasus HIV.

"Meningkatnya penularan HIV di Kota Pekanbaru tentu harus jadi perhatian kita bersama," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Zaini Rizaldy, Minggu 3 November 2023.

Meski kasus HIV memang mengalami peningkatan, kata Zaini, namun kasus AIDS tahun ini di Kota Pekanbaru cenderung menurun dibanding tahun 2022.


Kasus AIDS di Kota Pekanbaru tahun ini sebanyak 111 kasus. Sedangkan pada tahun lalu kasus AIDS sebanyak 178 kasus. Ada penurunan penurunan sebanyak 67 kasus.

Sementara itu, total kasus HIV di Kota Pekanbaru sejak 2000 hingga 2023 mencapai 2.832 kasus. Sedangkan kasus AIDS sepanjang 23 tahun ini sebanyak 2.323 kasus.

Zain menyebut bahwa penanggulangan HIV/AIDS bakal terus dilakukan sehingga butuh peran serta seluruh instansi terkait. Ia menilai semua pihak punya peran dalam mencegah penyebaran HIV. 

Pihaknya telah menyediakan layanan Kesehatan untuk penanggulangan HIV/AIDS termasuk pengobatan. Layanan itu tersedia di rumah sakit maupun puskesmas.

Lembaga peduli AIDS beserta kader masyarakat juga diharapkan dapat terus berupaya menanggulangi AIDS dengan memberikan informasi secara benar dengan mengajak kelompok yang rentan untuk dapat mengetahui status HIV melalui pemeriksaan atau tes HIV.