Tour de Siak 2023 Dimulai Besok, Pebalap Sepeda Terbaik dari 10 Negara Akan Berlaga

Tour-de-Siak-2023.jpg
(Dok. Pemkab Siak)

RIAU ONLINE, SIAK - Tour de Siak 2023 akan mulai besok, Jumat, 1 Desember hingga 4 Desember 2023. Sebanyak 13 tim pebalap sepeda terbaik dari 10 negara akan berlaga di tiga etape di Kabupaten Siak.

"13 tim pebalap sepeda, yaitu dari Australia, Perancis, Filipina, Vietnam, Korea Selatan, Singapura, Thailand, Malaysia, Brunei Darussalam, dan Indonesia," ucap Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Siak, Tekad Perbatas Setia Dewa. Kamis 30 November 2023.

Ia menjelaskan, hingga saat ini persiapan sudah 99 persen, mulai dari perbaikan rute, penginapan hingga koordinasi kedatangan para peserta. 

"Alhamdulillah, persiapan sudah matang, mohon doanya agar penyelenggaraan Tour de Siak 2023 ini berjalan sukses dan baik," ungkap Tekad. 

Ia menyebut, Tour de Siak tahun ini tidak lagi melintasi rute etape ke luar daerah, seperti Tour de Siak sebelumnya. Semua etape kali ini berada di wilayah Kabupaten Siak. 


Bersama PB Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI), telah menyepakati lintasan setiap etape dalam Tour de Siak 2023 ini. Terhitung sebanyak tiga etape dengan total jarak lintasan mencapai 405 Km. 

Ia menjelaskan etape 1 rutenya yang melintasi Kota Siak, Dayun, Mempura, Koto Gasib, Siak sejauh 127 km. Kemudian etape kedua rutenya Siak, Dayun, Koto Gasib, Perawang-Siak sejauh 170 km. Sedangkan, etape 3 Siak City Race sejauh 108 km. 

"Untuk etape semuanya sudah kita sepakati, pada awalnya kita menginginkan tour de Siak 2023 ini melintasi seluruh Kecamatan di Kabupaten Siak, namun dikarenakan kurangnya anggaran dan waktu yang singkat maka diputuskan hanya 3 etape. Untuk kedepannya kita upayakan Tour de Siak ini dapat melewati seluruh wilayah," paparnya. 

Untuk anggaran penyelenggaraan Tour de Siak 2023, kata dia, Pemerintah Kabupaten Siak mengucurkan anggaran sebesar Rp 2,3 miliar dari APBD Siak.  

"Kali ini kita menggunakan anggaran murni APBD Kabupaten Siak 2023. Tentunya dengan ini kita harapkan iven ini dapat bermanfaat dalam promosi pariwisata dan UMKM yang ada di Kabupaten Siak ini," sebutnya.

Pada 1 Desember 2023, rangkaian kegiatan diawali dengan fun bike dengan peserta umum bersama seluruh pebalap Tour de Siak, parade atlet, pembagian hadiah fun bike, gala dinner dan opening ceremony. 

"Pada tanggal 2-4 Desember nanti, dimulainya balapan sepeda untuk etape 1,2 dan 3. dan pada tanggal 5 Desember, seluruh official tim bersama pebalap dan PB ISSI pulang meninggalkan Kota Siak," pungkasnya.