Waspada Banjir, Hujan Bakal Guyur Riau Seharian Ini

Ilustrasi-hujan6.jpg
(Foto: Istimewa via kumparan)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Hujan berpotensi mengguyur Provinsi Riau seharian ini, Kamis, 30 November 2023. Bahkan, hujan deras telah mengguyur sejumlah wilayah Riau sejak pagi.

Forcaster Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru, Yasir Prayuna, menyebut udara pagi di Riau kabur dan berawan. Namun hujan dengan intensitas ringan mengguyur sebagian wilayah di Kabupaten Kampar, kemudian Rokan Hulu.

"Siak, Bengkalis, Kuantan Singingi, Indragiri Hulu, Pelalawan, Dumai dan Pekanbaru," sebutnya.

Hujan dengan intensitas ringan hingga sedang berpotensi pula terjadi pada siang hari di sebagian wilayah Kampar, Rokan Hulu, Siak, Pelalawan, Kuantan Singingi, Indragiri Hulu, dan Bengkalis.


"Pada sore hingga malam harinya berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian besar wilayah Provinsi Riau," jelasnya.

Sedangkan pada dini hari, udara bakan kembali kabur dan berawan. Namun, hujan dengan intensitas ringan hingga sedang diprakirakan bakal mengguyur sebagian wilayah Kampar, Indragiri Hulu, Pelalawan, Bengkalis, Kuantan Singingi, Dumai, dan Pekanbaru.

Yasir meminta masyarakat untuk waspada mengingat hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dapat disertai petir di angin kencang berpotensi terjadi di sebagian wilayah Rokan Hulu.

"Rokan Hilir, Kampar, Bengkalis, Pelalawan, Kuantan Singingi, Indragiri Hulu, Siak, Dumai dan Pekanbaru pada pagi dan siang atau sore dan malam hari," jelasnya.

Sementara suhu udara di Riau berada pada 22.0–32.0 derajat celcius dengan kelembaban udara 60–99 persen, serta angin bertiup dari Barat-Utara/ 10-30 km per jam.

"Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.50 – 1.25 m (Rendah)," jelasnya.