PLTA Koto Panjang Buka Pintu Waduk, Warga Aliran Sungai Diminta Waspada

PLTA-Koto-Panjang1.jpg
(Media Center Riau)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Menanggapi tingginya curah hujan di area waduk PLTA Koto Panjang, PLN Nusantara Power (NP), Pengelola PLTA Koto Panjang membuka pintu pelimpah air waduk (spillway gate) pada Jumat 24 November 2023.

Ada tiga pintu spillway gate Waduk PLTA Koto Panjang yang akan dibuka pada pukul 14.00 WIB. Diperkirakan akan terjadi kenaikan permukaan sungai antara 20-30 cm.

 

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau M Edy Afrizal mengimbau bagi masyarakat khususnya yang tinggal di sepanjang aliran Sungai Kampar untuk waspada. 

 



"Kepada BPBD Kabupaten/Kota se-Provinsi Riau terkhusus kabupaten kota yang dialiri sungai Kampar untuk menyiapkan langkah-langkah konkrit guna antisipasi kejadian banjir dan gerakan tanah (longsor)," ujar Edy dalam Surat Edaran yang diterima RIAUONLINE.CO.ID, Kamis 24 November 2023. 

 

Edy memastikan adanya upaya kesiapsiagaan di level masyarakat dapat berjalan baik dan efektif. Serta mengecek jalur evakuasi dan tempat pengungsian yang aman dengan  mempertimbangkan protokol kesehatan. 

 

"Melaksanakan sosialisasi dan edukasi peringatan dini bencana kepada masyarakat menggunakan media elektronik atau media sosial serta berkoordinasi dengan lembaga/organisasi masyarakat dalam penyebarluasan informasi peringatan dini," jelasnya. 

 

Edy juga menengaskan, pihaknya sudah koordinasi dengan BPBD Kampar untuk siaga jika sewaktu-waktu terjadi hal-hal tak diinginkan akibat dampak pembukaan pintu waduk.